Wujudkan Pemilu Demokratis,Bawaslu Kota Blitar Rangkul Perguruan Tinggi Ajak Awasi Pemilu

Blitar – Bawaslu kota Blitar kembali mengembangkan pengawasan partisipatif terhadap pemilu tahun 2019 melalui acara yang di selenggarakan di Hotel Puri Perdana Kota Blitar, kamis (29/11/2018) dengan melibatkan mahasiswa yang ada di perguruan tinggi se-Kota Blitar.

Tampak dihadiri ketua Bawaslu Provinsi Jawa Timur, Moh. Amin, M.Pd.I, anggota Bawaslu Kota Blitar, Moh. Ridwan dan Rita Triana, Teknisi Komunikadi serta diikuti oleh 70 mahasiswa dengan 7 Perguruan Tinggi se-Kota Blitar. Acara ini bertujuan untuk menciptakan pemilu yang berintegritas dan demokratis.
Moh. Amin, M.Pd.I ketua Bawaslu Provinsi Jawa Timur mengatakan bahwa jika tidak ada partisipatif masyarakat maka Bawaslu tidak akan maksimal menjaga proses regulasi pemilu 2019.

“Tanpa bantuan masyarakat membantu informasi adanya pelanggaran. Keterlibatan mahasiswa sebagai pemimpin masa depan atau sebagai agent of change peran sertanya dalam pemilu, satu hadir di hari H sangat saya harapkan dan yang kedua keterlibatan pengawasan dalam pemilu dengan cara memberikan informasi informasi awal keada kami apabila terjadi dugaan-dugaan pelanggaran selama tahapan proses pemilu.” Tuturnya.

Sementara itu anggota Bawaslu kota Blitar Moh Ridwan menyampaikan mahasiswa diharapkan memberikan warna. Mereka adalah kader-kader yang terdidik dalam hal ini mahasiswa sangat efektif jika mereka memiliki kesadaran dan mempengaruhi masyarakat yang lain dalam melakukan pengawasan partisipatif.

“Kami mengajak segenap perguruan tinggi ataupun organisasi ke masyarakatan khususnya yang ada di kota Blitar untuk ikut pemantuan pemilu. Mereka akan mendaftar dan secara resmi mereka akan melakukan giat pemantuan .” Ungkapnya
Adanya keterlibatan stakeholder dan masyarakat secara independen dalam mengawasi penyelenggaraan pemilu 2019, diharapkan proses pemilu yang demokratis berintegritas akan terwujud. (Ervin)

Tinggalkan Balasan