UNBK SMP Hari Pertama Diwarnai Server Eror

Tulungagung – Hari pertama Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) jenjang SMP Senin, (23/4/2018) kembali mengalami gangguan. Penyebabnya, server pusat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sempat mengalami gangguan atau error.

Kepala SMP Negeri 3 Tulungagung Amri mengatakan di sekolahnya UNBK sesi pertama sempat mundur 60 menit dari jadwal semula. Ujian yang yang seharusnya dimulai pada pukul 08.30 WIB terpaksa mundur karena error server. “Siswa sempat gelisah, namun akhirnya ditenangkan,” jelasnya.

Lanjut Amri, akibat mengalami masalah tersebut, pihak sekolah pun mencoba menghubungi petugas operator UNBK di Disdik Kabupaten Tulungagung, tetapi dari pihak dinas menyatakan bahwa permasalahan tersebut berasal dari pusat.

“Kendala bukan dari kami tapi dari pusat dan semua bisa teratasi,” tambah Amri.

Akibat gangguan server ini membuat siswa harus menunggu dengan cemas, konsentrasi siswa pun terganggu akibat permasalahan ini.

Dari data Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung, tahun ini yang mengikuti UNBK untuk tingkat SMP-MTs sebanyak 16 ribu 146 peserta. (Danu)

Tinggalkan Balasan