Tulungagung Kembali Meraih Penghargaan Sebagai Kabupaten Layak Anak

Tulungagung – Kabupaten Tulungagung kembali meraih penghargaan sebagai kabupaten layak anak (KLA) 2018 setelah dua tahun berturut sebelumnya juga meraih penghargaan serupa, mengungguli daerah-daerah lain se-Indonesia.

Penghargaan diserahterimakan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohanna Suzana Yembise di gedung Dyandra Convention Center, Surabaya, Jawa Timur, Senin.

Pj Bupati Tulungagung Jarianto yang secara simbolis menerima penghargaan tertinggi bidang layanan dan perlindungan anak bagi kabupaten/kota se-Indonesia tersebut.

“Alhamdulillah tahun ini kita (Tulungagung) menerima penghargaan ini lagi,” ucap Kabag Humas Pemkab Tulungagung Sudarmaji yang turut serta mendampingi Jarianto di Surabaya.

Ia mengatakan, penghargaan KLA 2018 maupun sebelumnya menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Tulungagung konsisten dalam penyediaan layanan maupun perlindungan anak.

Baik dalam hal pendampingan dan pembinaan terhadap hak-hak anak bawah umur, perlindungan hukum atas risiko ancaman kekerasan fisik-mental maupun spiritual, penyediaan fasilitas publik khusus untuk anak serta keamanan dan kenyamanan bagi tumbuh-kembang anak secara keseluruhan.

Dijelaskan, anak rentan menjadi korban pelanggaran hak asasi anak. Berbagai pelanggaran itu di antaranya perundungan (bullying), KDRT (kekerasan dalam rumah tangga), pekerja anak, materi siaran TV yang tidak layak dikonsumsi bagi anak, dan kurangnya taman bermain anak.

Karena itulah, berbagai upaya Pemkab Tulungagung dilakukan untuk meminimalkan pelanggaran itu.

Salah satunya dengan penguatan peran keluarga.

“Dalam konteks tertentu keluarga berperan penting dalam pemenuhan hak. Hak anak terpenuhi secara optimal akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan di kemudian hari,” katanya. (Danu)

Tinggalkan Balasan