Tebing 15 Meter Longsor Terjang Pemukiman Warga Cileng

Magetan – Bencana tanah longsor kembali terjadi Desa Cileng Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan. Tebing setinggi 15 meter dengan lebar 9 meter senin malam (26/3/2018) mengalami longsor.

Material longsor berupa tanah liat, bebatuan dan akar pohon menimpa rumah milik Slamet yang berada di bawah tebing.

warga bersama petugas Badan Penanggulangan Bencana daerah BPBD Magetan, TNI dan  Polri membersihkan material longsor yang merusak kandang dan tempat penyimpanan kayu bakar yang ada di samping rumah.

Dalam beberapa hari terahir, terjadi hujan yang cukup deras utamanya saat sore hingga malam. “Sebelum  terjadi longsor memang ada retakan di atas tebing, tepat di depan rumah warga”, kata Kepala Desa Cileng Didik Suprapto.

Warga telah mengantisipasi dengan cara mengecor bagian tebing. namun  tidak mampu menahan derasnya air hujan, sehingga mengakibatkan longsor. “Ya hujan deras,  ya mengenai rumah longosrannya tapi gak sampai menimbulkan jebolnya tembok” tambahnya.

Tidak hanya menimpa rumah warga, longsor juga mengikis halaman depan rumah milik wagimin. Pemilik rumah khawatir akan terjadi longsor susulan yang bisa terus mengikis halaman depan rumah. “Tidak ada korban jiwa, tapi kerugian material ditaksir mencapai puluhan juta rupiah”, pungkasnya. (M.Ramzi)

Tinggalkan Balasan