Sholat Tarawih Terlama di Mageta Hingga Delapan Jam

Magetetan – Desa Temboro Kabupaten Magetan, berbeda dengan desa lainnya, saat melaksanakan shalat tarawih. Di desa tersebut seluruh masjid atau musholla menghatamkan satu juz, bahkan ada yang 30 juz atau delapan jam setiap tarawih.

Salah satunya di Masjid Nurul Huda, Desa Temboro Kecamatan Karas Kabupaten Magetan. Kalau biasanya imam sholat tarawih membaca surat-surat pendek alquran, akan tetapi di temboro, imam shalat tarawih menghabiskan minimal satu juz Al Quran.

Salah satu perangkat Desa Temboro,Mohamad Mahsun, mengatakan, semua masjid atau musholla yang ada di Desa Temboro, melaksanakan shalat tarawih sebanyak 20 rakaat, ditambah witir 3 rakaat.

Yang dibacapun bukan surat-surat pendek layaknya pelaksanaan shalat tarawih pada umumnya. Akan tetapi setiap pelaksanaan shalat tarawih, menghabiskan minimal 1 juz Al Quran. “Ada juga beberapa masjid yang mulai merintis dua juz Al Quran,” ujar  Mohammad Mahsun.

Bahkan,menurut Mahsun, di lingkungan Pondok Pesantren Temboro, sebagian melaksanakan shalat tarawih 30 juz atau 8 jam. Selain itu, selama pelaksanaan shalat tarawih ada petugas keamanan khusus yang keliling ke rumah-rumah warga.

“Hal itu dilakukan untuk memberi rasa aman bagi umat muslim yang menunaikan shalat tarawih, sehingga mereka tidak memikirkan keamanan rumah,” ujar ujar M. Zainul Musthofa, petugas keamanan. (M. Ramzi)