PPK Pigub-Pilbub Akan Di Ambil 3 Untuk PPK Pileg

 

Tulungagung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung segera melakukan evaluasi terhadap anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bertugas dalam penyelenggaraan pemilihan gubernur (Pilgub) dan pemilihan bupati pilbub 2018.

Evaluasi akan di lakukan untuk proses rekrutmen anggota PPK yang akan bertugas dalam penyelenggaraan pemilu legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden ( pilpres ) 2019.

Kordinator Divisi SDM dan Partisipasi masyarakat KPU Kabupaten Tulungagung, Suyitno arman menjelaskan, masa kerja anggota PPK pilgub dan pilbub kabupaten tulungagung terhitung mulai Nopember 2017 sampai dengan Juni 2018. karena perlu di rekrut anggota PPK baru untuk penyelenggaraan pileg dan pilpres. Perekrutan baru ini akan di lakukan terhadap PPK yang saat ini bertugas, namun jumlah PPK akan mengalami pengurangan 2 orang, bila PPK untuk pilgub dan pilbub berjumlah 5 orang, PPK untuk pileg dan pilpres hanya berjumlah 3 orang.

” Dari lima anggota PPK yang kini bertugas untuk pemilihan gubernur jawatimur dan bupati Tulungagung, itu kita evaluasi. Nanti yang memenuhi syarat sebanyak tiga orang akan direkomendasikan untuk menjadi PPK pemilu legislatif dan pemilihan presiden 2019,” kata Suyitno Arman, kepada wartawan Jtvmataraman.com, selasa (27/2/2018).

Dikatakan, acuan atau dasar dalam rekrutmen anggota PPK ini, antara lain keputusan KPU RI No.31/PP.05-Kpt/03/KPU/I/2018 tentang pedoman teknis pembentukan PPK dan PPS untuk pemilu 2019.

Evaluasi akan di lakukan melalui beberapa tahapan, mulai evaluasi administrasi yaitu PPK yang telah menjabat PPK dua kali periode jabatan PPK yaitu periode 2004-2008 dan 2009-2013, maka otomatis tidak akan lolos. Selain itu ada evaluasi yang di dasarkan dari penilaian kinerja oleh KPU, penilaian masing masing PPK serta sekretariat PPK, terkait kinerja tim, dan kemampuan individual.

Ditambahkan, jika setelah melalui evaluasi hasilnya tidak terpenuhi, maka untuk mengisi anggota PPK tersebut pihaknya akan melakukan kordinasi dengan pihak terkait lainnya. Seperti lembaga pemerintahan, lembaga kemasyarakatan atau pun lembaga pendidikan.

Bila dalam tahap evaluasi, untuk menentukan 3 PPK yang di rekomendasi untuk pelaksanaan pileg dan pilpres, sudah bisa di peroleh hasilnya maka KPU tulungaguang akan melakukan penetapan antara tanggal 5 atau 6 maret 2018 nanti. (Agus Bondan)

Tinggalkan Balasan