Polres Trenggelek Berhasil Menangkap Pengedar Uang Palsu

Kasat Reskrim Polres Trenggelek menunjukan uang palsu pecahan Rp. 100 ribu. Foto : karyanto

Trenggalek – Anggota jaringan pengedar uang palsu yang diduga kerap beraksi di wilayah Trenggalek dan Pacitan ditangkap Satrskrim Polres Trenggalek.

Pelaku adalah Ahmad Siswandi (31) warga Desa Sawahan Kecamatann Panggul, dari tagan pelaku polisi menyita sejumlah barang bukti diantaranya dua puluh delapan lembar uang palsu pecahan seratus ribu, mobil toyata avansa Nopol AB 1291 MU, Hp serta uang alsi pecahan seratus ribu.

Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo menyampaikan, pelaku ditangkap anggota di komplek terminal panggul sekitar pukul 17.00. “Berdasar hasil pemeriksaan, tersangka sebelum ditangkap diketahui berada di komplek terminal panggul untuk membeli rokok” jelasnya.

Saat itu tersangka yang mengendarai mobil toyota avansa berhentik di salah satu toko sembako yang ada didalam lokasi terminal panggul. Kepada polisi, pelaku sengaja membeli di sejumlah toko kecil dengan maksud mendapat kembalian uang asli dari uang palsu yang telah digunakan membeli sejumlah rokok.

“Selain itu, pelaku sengaja menjadikan sasaran toko kecil dengan pertimbangan menghindari kecurigaan” tambahnya.

Pelaku mendapatkan uang palsu yang tersebut dari temannya di wilayah Jawa Tengah. Akibat perbuatanya tersangka dijerat pasal 26 ayat 3 jo pasal 36 ayat 3 Undang-undang RI nomor tujuh tahun 2011 tentang mata uang dengan ancaman pidana penjara sepuluh tahun penjara. (Karyanto/Heru Wijaya)