Pimpin Operasi Yustisi, Kata Wabup Blitar Rahmad Santoso Masyarakat Harus Ta’at Aturan Disiplin Protkes

Wabup Blitar Pimpin Operasi dan Patroli Penertiban PPKM Darirat di Pasar Kanigoro,(Kamis ,08/07/2021)

Blitar ,JTV Mataraman: Wakil Bupati Blitar Rahmad Santoso didampingi Kapolres Blitar AKBP. Leonard M.Sinambela dan Dandim 0808 Letkol Inf Didin Nasrudin Darsono memimpin Operasi Yustisi dan patroli lapangan terkait penerapan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dalam rangka memutus mata rantai Covid-19 di wilayah Kabupaten Blitar,Kamis (08/07/2021).

Kegiatan ini berlangsung di depan pasar terpadu Kanigoro yang di mulai pukul 05.00 WIB . Wabup Rahmad Santoso bersama Kapolres Blitar dan Dandim 0808 yang diikuti OPD terkait melakukan patroli keliling pasar dan menemukan sejumlah pelanggar tidak menggunakan masker. Selain dilakukan teguran, Wabup Rahamd Santoso juga memberikan masker kepada pelanggar.

Wabup Rahmad Santoso dan Kapolres Blitar serta Dandim 0808 mengedukasi Memberikan Masker Kepada Warga Kurang Disiplin Protkes

Menurut Rahmad Santoso dihari ke enam pemberlakuan penerapan PPKM darurat Jawa-Bali yang belaku dari tanggal 3-20 Juli, ternyata masih banyak pengunjung pasar , pelaku usaha atau toko-toko terutama yang bukan kebutuhan non esensial masih kurang mematuhi aturan PPKM sebagaimana surat edaran Bupati Blitar. ” Tadi masih kita temukan beberapa orang pengunjung dan pedagang yang melanggar protkes ,kita beri edukasi agar tertib protkes.” Katanya.
Sementara itu Kapolres Blitar AKBP.Leonard M.Sinambela mengatakan pemberlakukan PPKM Darurat ini untuk mengurangi mobilitas masyarakat bertujuan untuk menekan terjadinya lonjakan kasus covid-19. ” Selain kita gencarkan sosialisasi , pemerintah daerah dan kepolisian serta TNI terus memantau pergerakan masyarakat dengan melalui operasi pendisiplinan di sejumlah keramaian seperti di pasar Kanigoro ini “.ucapnya.
Lanjut Kapolres Blitar , Sejak mulai di berlakukan PPKM darurat berbagai sosialisasi telah dilakukan kepada masyarakat dan para pelaku usaha melalui himbauan himbauan bener serta patroli keliling.”
Jajaran Polri, TNI dan Pol PP dan unsur terkait lainnya pada menggelar patroli lapangan serta operasi yustisi dan menindak tegas namun humanis kepada para pelanggar yang mengabaikan aturan di beri sanksi Tindak Pidana Ringan (Tipiring) diberikan pada masyarakat dan pemilik usaha yang tidak menerapkan anjuran aturan PPKM Darurat.”Jelasnya.

Sementara itu, Rahmad Santoso sangat mengapresiasi pelaksanaan operasi lapangan penerapan PPKM darurat di wilayah Kabupaten Blitar. Beliau berharap kepada masyarakat dan para pelaku usaha untuk mampu menjalankan peraturan PPKM.

“Pemberlakuan PPKM darurat menjadi salah satu ikhtiar kita dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Protokol kesehatan 5M juga tetap terus dijalankan” ujar Mak de Rahmad sapaan akrab Wakil Bupati Blitar.(As)