Pilkades Tulungagung, Sekeluarga Macung Kades

KONTESTASI: Kabid Tata Kelola Pemerintah Desa, DPMD Tulungagung, Endang Saifudin sedang menjelaskan Pilkades 2021 di Tulungagung.

Tulungagung, JTVMataraman.com : Belasan desa di Tulungagung tengah mempersiapkan pemilihan kepala desa (Pilkades) yang dilaksanakan pada November 2021 mendatang. Berdasarkan data bakal calon, ditemukan beberapa bakal calon yang memiliki ikatan keluarga macung dalam kontestasi demokrasi tingkat desa tersebut.

“Dari 14 desa yang menyelenggarakan Pilkades, memang kami menemukan beberapa bakal calon kepala desa yang masih satu keluarga. Itu sekitar di dua desa,” tutur Kabid Tata Kelola Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tulungagung, Endang Saifudin.

Dia mengatakan, bahkan dari 14 desa yang menyelenggarakan Pilkades, setidaknya hampir 50 persen lebih bakal calon berasal dari petahanan.

“Ada beberapa kepala desa (Kades) yang macung lagi. Dan nama-nama bakal calon sudah terdata, yang selanjutnya masuk tahap seleksi administrasi,” ujarnya.

Endang menjelaskan, berdasarkan tahapan Pilkades yang sudah dijadwalkan, kini Pilkades di Tulungagung memasuk pada tahap seleksi administrasi. Proses seleksi administrasi akan diberikan waktu sekitar 20 hari.

“Proses seleksi ditekankan pada kelengkapan berkas bakal calon. Desa yang sudah melakukan seleksi administrasi adalah Desa Sidem, Kecamatan Gondang,” jelasnya.

Sedangkan untuk desa yang belum melakukan seleksi administrasi, kini tengah menyusun daftar pemilih sementara (DPS). Jika panitia Pilkades sudah melakukan seleksi administrasi, maka tahap selanjutnya adalah penetapan calon kades.

“Namun kemarin ada surat dari Mendagri bahwa ada tiga tahapan yang harus ditunda hingga 9 Oktober 2021, akibat pemberlakuan PPKM. Penundaan tersebut diantaranya; pengundian nomor urut, pelakasanaan coblosan dan kampanye,” pungkasnya. (ham)