Petugas Kesulitan Evakuasi Material Longsor Akses Jalan di Poncol Magetan

Magetan – Tebalnya material longsor, menjadi kendala petugas dalam mengevakuasi material longsor di Cileng Poncol Magetan. BPBD bakal gandeng Dinas PUPR untuk mendatangkan alat berat, agar pembersihan material longsor bisa cepat.

Material longsor maih menutup akses jalan raya di Desa Cileng Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan. Petugas hanya membuat jalan setapak agar bisa dilewati pejalan kaki atau kendaraan roda dua.

Plt kepala bpbd magetan Ari Budi Santosa, mengatakan, tebalnya material longsor sangat tidak memungkinkan apabila dilakukan pembersihan secara manual. Sehingga BPBD akan berkoordinasi dengan Dinas PUPR Magetan, untuk mendatangkan alat berat, untuk proses evakuasi material longsor.

Selain material yang cukup banyak, pihaknya juga kebingungan mencari tempat pembuangan material. Karena di dekat lokasi longsor, hanya terdapat area persawahan milik warga, dengan tanaman yang sudah siap panen.

“Tanah itu sangat becek, jadi kandungan airnya terlalu tinggi, serta material terlalu banyak dan jauh dengan tempat pembuangan material longsoran,” kata Ari Budi Santosa.

Karena material longsor belum bisa dibersihkan, jalur yang menghungkan Desa Cileng dengan Gonggang Poncol menuju Jawa Tengah masih ditutup untuk sementara. Hingga menunggu proses pembersihan selesai. (Ramzi)

Tinggalkan Balasan