Perusahaan Jamu PT. Bintang Toejo Gandeng BUMDesma Trenggalek Kembangkan Komoditas Jahe Merah

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin lakukan Penanaman Perdana Jahe Merah di Kecamatan Pule, (3/6/2021)

Trenggalek,JTV Mataraman :  Perusahaan Jamu terkemuka nasional PT. Bintang Toejo melakukan kerjasama dengan BUMDesma Sari Bumi dalam pengembangan  komoditas Jahe Merah di Kecamatan Pule Kamis (3/6/2021).

Jalinan kerja sama itu disaksikan antara lain oleh Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin dan Direktur Pengembangan Koperasi dan UMKM Bapenas, Ahmad Dading Gunadi dan beberapa orang terkait.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin mengatakan kerjasama yang dijalin ini bisa memberikan dampak postirif terhadap perekonomian petani.

 “ Ini bentuk iktiar unmtuk menmgangkat perekonomian  masyarakat. Saya berharap kerja sama BUMDesma dengan perusahaan jamu itu lebih dari sekadar hubungan antara penjual dan pembeli saja.”. Ungkapnya.

Lanjut Nur Arifin banyak portofolio usaha yang bisa dikembangkan oleh masyarakat khususnya petani Jahe.  “Bisa budidaya jahenya, terus jual beli Jahe atau bahkan proses Jahe sampai dengan menjadi simplisia.” Lanjutnya.

Artinya ada banyak sisi usaha yang bisa dipilih dan dikembangkan oleh masyarakat. Tergantung sisi mana yang akan dipilih. Kerjasama dengan perusahaan kenamaan yang bergerak dibidang jamu dan obat obatan tradisional tanah air ini sendiri tidak lepas dari KOMPAK (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan) kerjasama Pemerintah Australia – Indonesia,

KOMPAK telah melakukan pendampingan kepada mereka sejak 2018 lalu dan mempertemukan petani dengan industri di hulu dan hilirnya. Bahkan kebermanfaatan pendampingan ini sudah  bisa dirasakan oleh masyarakat.  Dari dulunya harga yang tidak menentu, kini keuntungan menanam Jahe bisa terasa.

Lebih lebih dengan proses simplisia harga Jahe yang biasanya Rp. 16.500 bisa menjadi lebih dari Rp. 100 ribu (dengan proses simplisia 5 kg jahe  menjadi 1 kg jahe kering).

Masyarakat petani dan BUMDesma dikenalkan dengan sistem pengeringan menggunakan Solardom, yang dikenal efektif, hemat dan ramah lingkungan. Dan kualitas hasil yang istimewa.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin berterimakasih kerjasama antara PT. Bintang Torjoe dengan BUMDesma Sari Bumi bisa terjalin. Menurutnya hal tersebut merupakan ikhtiarnya untuk mengangkat perekonomian di Kecamatan Pule.

Selain itu suami Novita Hardini ini juga berpesan hubungan kerjasama dengan Bintang Toejoe tidak hanya sekedar hubungan antara penjual dan pembeli saja, melainkan ada kelembagaan yang baik, pendampingan sehingga kualitas jahe yang diproduksi bisa terjaga.(Lb)

Tinggalkan Balasan