Peringati Hari Santri, Ratusan Santri di Nganjuk Gelar Drama Kolosal

Tulungagung – Ratusan santri di Nganjuk, Senin (22/10) pagi menggelar pertunjukan drama kolosal dengan judul laskar hibullah, yang menceritakan perjuangan para pahlawan dan ulama serta santri, dalam menumpas penjajah.

Nampak para pemeran dalam drama kolosal ini seakan nyata, karena aktor drama dilengakapi dengan seragam dan persenjataan lengkap.

Drama menceritakan kekejaman penjajah saat Belanda datang dan menyakiti pribumi. dalam darma ini, mereka datang merampas semua hasil kekayaan alam yang dimiliki oleh rakyat Indonesia dan membunuh setiap yang melawan.

Hingga terjadi peperangan antara pejuang Indonesia melawan penjajah, dengan bersenjatakan bambu runcing akhirnya penjajah berhasil dikalahkan.

Panitia acara HSN, Eko Cahyono, menjelaskan, untuk menampilkan drama kolosal ini, setidaknya membutuhkan waktu 15 hari untuk mempersiapkan, “Mereka dilatih oleh kodim setempat, kemudian diperankan oleh beberapa siswa sekolah bersama kodim dan pepijar,” ujar Eko Cahyono.

Diharapkan dengan peringatan hari santri ini, merek bisa mencontoh semangat para pejuang, pahlawan yang juga dari kalangan ulama. Santri diharapkan bisa semangat menuntut ilmu dan bisa bermanfaat bagi lainnya. (Syarwani)

Tinggalkan Balasan