Peringati Harganas Ke-28, Pesan Plt. Bupati Nganjuk Keluarga Jadikan Pijakan Utama dan Pertama

Plt, Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi Memberikan Sambutan Peringatan HARGANAS Ke-28 Tahun 2021

Nganjuk,JTV Mataraman : Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Nganjuk menggelar peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS)  ke-28 tahun 2021,dengan tema “  melalui peningkatan penyuluhan KB dan institusi masyarakat pedesaan (IMP)  menuju keluarga keren cegah stunting”.

Peringatan HARGANAS  bertempat di Pendopo Kabupaten Nganjuk, selasa (29/6/2021) itu dihadiri oleh Plt Bupati Nganjuk  Marhaen Djumadi selain itu juga turut hadir Sekretaris daerah Mokhamad Yasin serta jajaran Forkopimda Kabupaten Nganjuk. Seperti Dandim 0810/Nganjuk Letkol Inf Gregorius Luky Ariesta, dan Kajari Nophy Tennophero Suoth,SH dan ratusan kader KB, penyuluh KB di seluruh Kabupaten Nganjuk mengikuti acara secara virtual

Dalam sambutannya, Kang Marhaen menyampaikam bahwa Harganas adalah bentuk peringatan kepada masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga. Keluarga, kata Kang Marhaen, dianggap memiliki peran yang sangat penting untuk membentuk karakter seseorang.

“Keluarga menjadi pijakan utama dan pertama. Maka dari itu kita boleh berbangga hati, kita bisa seperti ini semuanya berkat keluarga dan orang tua kita,” terang Kang Marhaen.

Penyerahan Penghargaan Oleh PLT Bupati Nganjuk dan jajaran Forkopimda Kepada Berbagai Pihak Yang Telah Berpartisipasi Mendukung Suksesnya Pelaksanaan Pelayanan KB

Kang Marhaen juga berpesan, jika masih mempunyai orang tua untuk memuliakan serta mendoakannya. Selain itu, juga sebisa mungkin agar menciptakan suasana rumah yang penuh energi yang positif, untuk memicu rezeki yang berkah.

 “Untuk itu, kami sampaikan terima kasih kepada para kader dan penyuluh KB karena telah mendukung program ini. Dan kita harus kompak dalam pencegahan stunting. Karena faktor keluarga sangat penting dalam proses perkembangan tumbuh kembang anak,” pesan Kang Marhaen

Sementara itu menurut Kepala Dinas PPKB Kabupaten Nganjuk Widyasti Sidhartini, peran keluarga sangat penting. Karena keharmonisan dalam keluarga adalah kunci untuk mewujudkan ketahanan negara yang baik.

“Dari keluarga yang harmonis, akan muncul generasi penerus bangsa yang berkualitas” tuturnya.

Sebagai bentuk penghargaan, pada kesempatan yang sama, Pemerintah Kabupaten Nganjuk turut memberi penghargaan kepada berbagai pihak, atas partisipasi dalam pelaksanaan pelayanan KB serentak sejuta akseptor. Penghargaan itu diberikan kepada pelaksana pelayanan. Baik fasilitas kesehatan, maupun organisasi. 

Dengan adanya hari keluarga nasional dimaksudkan untuk mengingatkan pada seluruh masyarakat akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara (Min)