Perang Terhadap Narkoba BNN Blitar gandeng Komunitas Mobil

Blitar – Pengalahgunaan narkoba di tengah masyarakat telah berada pada tahap yang sangat mengkhawatirkan. Tak terkecuali di Kabupaten Blitar. Tak hanya penyalahgunaan narkoba berbagai jenis. Namun penyalahgunaan obat keras berbahaya pun pernah didapati di Blitar.

Mengantisipasi semakin maraknya peredaran barang haram itu, sejumlah upaya pun dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Blitar. Salah satunya adalah memberikan penyuluhan kepada kelompok rentan peredaran narkoba.

Salah satu kelompok yang saat ini dinilai rentan peredaran narkoba adalah komunitas. Alasanya, komunitas biasanya memiliki banyak jaringan. Baik jaringan antar anggota yang bisa mencapai ratusn bahkan ribuan, maupun jaringan dengan komunitas lainnya.

“Hal ini yang perlu diwaspadai, biasanya mereka banyak jaringan. Kalau tidak hati-hati bisa dimanfaatkan pengedar untuk menyalahgunakan narkoba,” papar kepala BNN Kabupaten Blitar Agustianto, Minggu (29/04/2018).

Untuk itu, pihaknya kini tengah gencar masuk ke komunitas-komunitas untuk melakukan penyuluhan bahaya peredaran narkoba. Salah satunya adalah kepada komunitas mobil. Komunitas mobil yang pertama kali menjadi sasaran BNN Kabupaten Blitar adalah var 500 an anggota MTC Jawa-Bali yang sedang Kopdar di Kantor Pemkab Blitar mendapatkan penyuluhan pencegahan peredaran narkoba ke dalam komunitas.

“Kali ini kita sedang mencoba masuk ke komunitas-komunitas mobil di Kabupaten Blitar. Saat ini komunitas mobil sedang nge tren di masyarakat. Khususnya di Blitar. Tidak menutup kemungkinan pengedar akan mencari celah untuk masuk. Untuk itu kita berupaya melakukan upaya pencegahan,” jelasnya.

Kedepan, lanjut Agustianto, pihaknya akan semakin gencar melakukan penyuluhan sebagai upaya antisipasi. Agar peredaran narkoba di wilayah Kabupaten Blitar bisa ditekan semaksimal mungkin.
“Semua komunitas akan dijadwalkan mendapatkan penyuluhan. Tak hanya komunitas mobil namun komunitas-komunitas lainnya juga,” pungkasnya.( Gilang / Moch.Asrofi)

Tinggalkan Balasan