Pengajuan KK Nikah Siri Di Tulungagung Nihil

Tulungagung, Jtvmataraman.com, Hingga kini, permintaan pembuatan kartu keluarga (KK) pasangan nikah siri di Tulungagung masih nihil. Padahal aturan tersebut sudah ada sejak ditetapkannya Permendagri nomor 109 tahun 2019.

Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil, Dispendukcapil Kabupaten Tulungagung, Windu Luseno membenarkan bahwa saat ini pernikahan siri bisa mendapatkan KK. Akan tetapi dalam pencatatan status nikahnya dituliskan dengan kawin tidak tercatat.

“Sebanrnya KK untuk pasangan nikah siri itu menjadi perantara untuk perkawinan secara resmi,” tuturnya.

Windu -sapaan akrabnya menjelaskan, bahkan untuk anak dari pernikahan siri juga bisa dimasukan ke dalam KK, meskipun status nikahnya adalah kawin tidak tercatat. Sejak ditetapkan aturan KK nikah siri, di Tulungagung belum ada pasangan nikah siri yang mengajukan.

“Yang mengurus KK nikah siri belum ada. Itu memang aturan baru. Adanya KK dari pernikahan siri itu, hanya sebagai pencatatan saja,” jelasnya.

Adapun persyaratan yang harus disiapkan dalam pangajuan KK bagi pasangan nikah siri adalah surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM) yang diketahui oleh saksi.

“SPTJM itu harus diajukan. Untuk blangkonya kami juga telah menyediakan,” terangnya.

Namun, syarat yang paling penting dalam mengajukan KK nikah siri adalah persetujuan dari istri pertama, jika suami sudah memiliki istri dari pernikahan resmi.

“Kalau tidak mendapatkan persetujuan istri dari pernikahan resmi, bisa digugat oleh istri tersebut. Maka harus meminta izin kepada istri dari pernikahan resmi, jika sumai ingin menikah lagi dengan cara nikah siri,” pungkasnya. (ham)