Pastikan Harga Kebutuhan Pagan Stabil, Pemkab Tulungagung Sidak ke Pasar Ngemplak

Tulungagung – Pj Bupati Tulungagung, Jarianto, Senin pagi (4/6/2018) melakukan inspeksi mendadak komoditas sembako di pasar tradisional Ngemplak, Tulungagung guna memantau fluktuasi harga menjelang Lebaran 1439 H di daerah tersebut.

“Sidak ini untuk memastikan stok bahan kebutuhan pokok aman,” kata Jarianto dikonfirmasi di sela sidak di Pasar Ngemplak.

Didampingi sejumlah pejabat OPD, Jarianto langsung menuju sejumlah lapak pedagang sembako dan pasar basah. Beberapa yang dipantau antara lain komoditas beras, bawang, daging ayam hingga ikan laut.

Hasilnya pemkab memastikan di tingkat pedagang tidak ada keterlambatan apalagi kelangkaan stok komoditas tersebut di pasaran.

“Harganyapun tidak mengalami kenaikan, cenderung stabil bahkan mengalami penurunan,” ujarnya.

Komoditas bawang merah contohnya, saat ini harganya turun di kisaranĀ  Rp33 ribu perkilogram, dari sebelumnya Rp35 ribu. Demikian pula untuk komoditas daging ayam juga turun menjadi Rp32 ribu dari sebelumnya Rp35 ribu per kilogram.

“Beras kelas medium juga masih di bawah Rp9 ribu perkilogram. Saya rasa masih terjangkau oleh masyarakat,” kata Jarianto.

Pemantauan keadaan bahan pangan di lapangan bakal dilakukan terus hingga beberapa hari pasca Lebaran. (Danu)

Tinggalkan Balasan