Pandemi Covid-19 Bukan Penghalang , Desa Wonodadi Tetap Wujudkan Pembangunan Segala Bidang

Kantor Desa Wonodadi Pusat Pemerintahan Dan Pelayanan Masyarakat

Blitar,JTV Mataraman : Desa Wonodadi merupakan salah satu Desa yang berada di wilayah Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar, Jawa Timur . Desa Wonodadi memiliki  empat dusun yakni Dusun Gambar, Wonodadi,Seduri dan Bakalan. Sejak dilantik pertengahan Desember 2019 lalu, Kepala Desa Wonodadi  Mahmudi terus berbenah diri dengan mencari berbagai terobosan untuk memajukan desanya dengan  orientasi  mensejahterakan masyarakat.

Tidak hanya di bidang pembangunan fisik , peningkatan sumberdaya manusia serta pelayanan publik  juga menjadi periotas bagi masyarakat.  Saat ditemui JTV Mataraman.com diruang kerjanya, Kepala Desa Wonodadi, Mahmudi  menyampaikan, Pemerintah Desa terus berpacu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Pelayanan kepada masyarakat harus diutamakan. Paradigma pelayanan harus dirubah dari dilayani menjadi melayani. Alhamdulillah meski , saat ini  pandemi, saya beserta perangkat sangat kompak dalam melayani warga. Kami pun juga tidak alergi untuk menerima kritik dan saran , semuanya bertujuan baik untuk  kemajuan .” Kata  Mahmudi, sabtu (22/05/2021).

Mahmudi  menambahkan, semua warga  mendapat pelayanan penuh dari pemerintah desa. “ Kami sadar  tanpa mereka ,  kami bukan siapa-siapa, jabatan yang kami emban adalah amanah dari mereka. Kami adalah pelayanan masyarakat, rakyat adalah raja. Sebagai pelayan masyarakat, kita harus maksimal iklas dan rela dalam melayani mereka,” tegasnya.

Realisasi Pembangunan Infrastruktur Fisik Saluran dan Akses Jalan Baru Usaha Tani Anggaran DD

Tidak hanya itu , dalam hal merencanakan pembangunan Pemdes Wonodadi selalu melibatkan masyarakat. Keterlibatan masyarakat merupakan salah satu kunci yang sangat penting dalam keberhasilan pembangunan.

“Untuk mencapai hasil optimal , kami Pemerintah Desa harus bersinergi dengan masyarakat dimana usulan yang berasal dari masyarakat akan menjadi masukan penting dalam upaya peningkatan pembangunan “. ucap Mahmudi.

Seperti halnya  dalam menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes). Pemdes Wonodadi selalu melibatkan berbagai unsur masyarakat. Seperti   anggota BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, tim penggerak PKK, LPM, perwakilan pendidikan dan kesehatan, BUMDes, pokdarwis serta tokoh pemuda.

Menurut  Kades Mahmudi pelibatan stakeholder desa atau atau berbagai unsur baik individu, kelompok dan komunitas masyarakat yang memiliki hubungan terhadap permasalahan dan kepentingan bersama dalam pembangunan desa. Masyarakat desa harus mendapatkan ruang untuk menyampaikan aspirasinya.

“ Memang idealnya harus begitu. Kami dari Pemdes Wonodadi bersama berbagai unsur masyarakat merembugkan terlebih dahulu. Sebelum menjadi sebuah keputusan bersama di desa yang nantinya akan ditindaklanjuti dalam rapat penyusunan RKP Desa.”tutur Mahmudi.

Pemdes Wonodadi ,TNI Dan Polri Bersama Masyarakat Kompak Bersatu Dalam Upaya Menanggulangi Covid-19

Meski maret 2020 dilanda wabah virus corrona, namun di tengah pandemi pemdes Wonodadi masih bisa  merealisasikan  pembangunan dengan menggunakan dana desa (DD) dan Dana Bantuan Keuangan Khusus  (BKK). Dana Desa digunakan  untuk pemeliharaan dan perbaikan jalan di lima titik dan terealisasi 2 titik, karena  penggunaan anggaran harus difokuskan untuk penanganan  Covid-19.

Sedangkan dana BKK digunakan untuk membangun pembukaan akses jalan baru sepanjang 165 meter dan lebar 2,5 meter yang  pemanfa’atannya untuk petani di dusun Gambar dan Wonodadi serta Pavingisasi di dusun Seduri.

 “ Alhamdulillah, meski dalam situasi sulit kami masih bisa merealisasikan pembangunan. Sebagian besar Dana Desa (DD) untuk penanggulangan Covid-19, seperti melakukan  penyemprotan disinfektan secara rutin di lingkungan setempat serta memberikan bantuan langsung tunai Dana Desa ( BLT DD) kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.” Ujarnya.

Mahmudi menuturkan Tahun 2020  Pemerintah Desa Wonodadi menyiapkan Anggaran Bantuan Langsung Tunai  Dana Desa ( BLT DD) yang diperuntukkan bagi keluarga miskin dan rentan sebesar Rp 212.400.000. Adapaun Penerima ( BLT DD) tersebut  tahap 1 sebanyak 118 Keluarga Penerima Manfa’at (KPM) tahap II  sebanyak 100 KPM dan  tahap III sebanyak 68 KPM.

Pemdes Wonodadi Salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD) Membantu Masyarakat Miskin yang Terdampak Covid-19

Kini di tahun 2021 pengelolaan anggaran Dana Desa (DD) di Desa Wonodadi  selain melanjutkan program pembangunan fisik juga untuk membiayai sejumlah kegiatan yang berkaitan dengan Covid-19. Seperti pembentukan posko Covid-19 hingga pembiayaan logistik bagi yang harus menjalani isolasi mandiri di setiap desa.

Selain itu juga untuk pemberian Bantuan Langsung Tunai  Dana Desa ( BLT DD) kepada masyarakat miskin dan rentan yang jumlahnya 60 Keluarga Penerima Manfa’at (KPM) selama 1 tahun, masing – masing sebesar 300 ribu rupiah.

“ Memang Dana Desa banyak terserap untuk penanganan Covid-19 dan BLT-DD dan itu memang instruksi pemerintah pusat, pemerintah desa diharuskan mengalokasikan sebagian Dana Desa  untuk menunjang PPKM Mikro di tingkat desa. Meski begitu kami masih bisa merealisaikan sejumlah  pembangunan fisik yakni pembuatan dan perbaikan jalan baru  serta saluran.” Jelas Mahmudi

Kades Mahmudi berharap alokasi dana Desa yang  disalurkan baik untuk  realisasi BLT-DD maupun pembangunan insfrastruktur fisik ,bisa memberikan manfa’at besar terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. “ Kami berserta perangkat berupaya mewujudkan Desa Wonodadi lebih maju dan tarap hidup masyarakat meningkat “. Pungkas Mahmudi ,Kades Wonodadi kepada JTV mataraman.

Sementara itu Umi Saropah , seorang warga menuturkan selama ini berbagai program Pemdes Wonodadi realisasinya berjalan baik karena sinergitas  masyarakat. Tidak hanya pada pembangunan fisik , penanganan  Virus Corona sangat kompak begitu juga penyaluran BLT-DD benar benar selektif.

“ Saya selaku warga masyarakat,  berterima kasih atas kerja keras kepala desa bersama perangkat dan stakeholder. Kebijakan yang baik itu terus dilanjutkan bahkan di tingkatkan agar Desa Wonodadi semakin maju masyarakat sejahtera.” Ucapnya.(As)

Tinggalkan Balasan