Mesin Diesel Rongsokan Disulap Menjadi Motor Chopper Berbahan Bakar Solar

Tulungagung – Mesin dan besi bekas, selama ini di anggap sebagai barang rongsokan tidak berguna. Namun di tangan kreatif seorang pemuda di Tulungagung, mesin dan besi rosokan ini di ubah menjadi motor model Chopper yang unik, menariknya lagi bahan bakar motor ini bukan premium atau pertalit seperti motor kebanyakan , namun bahan bakarnya adalah solar.

Bagi kaum pria, kendaraan tidak hanya sekedar sebagai alat transportasi saja, tetapi juga sebagai alat untuk bergaya. Namun sering kali keinginan untuk bergaya itu, terkendala dengan modifikasi motor yang cukup mahal. Apalagi motor tersebut berupa moge atau motor gede buatan pabrikan luar negeri.
Namun persoalan ini justru di tangkap seorang pemuda bernama Alex Zakaria, warga desa Moyoketen kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung menjadi sebuah peluang untuk berkreasi membuat montor unik namun berbiaya ringan.

Dengan berbekal kreatifitas dan daya imajinasinya, Alex berhasil membuat sepeda motor modifikasi dari bahan besi dan mesin disel bekas berbahan bakar solar, dengan semua bahan pembuatan motornya di beli dengan harga murah, bahkan sebagian merakit sendiri.

Tahap awal pembuatan motor jenis Chopper berbahan bakar solar ini, pertama Alex melakukan pencarian di internet , model dan bentuk motor yang hendak di buatnya. Begitu model sudah di dapatkan , Alex mulai mengerjakan rangka motor, tangki, spatbor dan aksesoris motor bergaya Chopper , dengan menggunakan besi bekas. Sementara mesin yang di gunakan merupakan perpaduan, dari mesin diesel bekas yang di gunakan untuk perahu motor dan mesin pompa air yang di padu dengan transmisi dari mesin motor bekas.

Dengan kesabaran dan ketelitian selama satu bulan, jadilah sebuah motor rakitan sendiri dengan mesin berbahan bakar solar dan bergaya Chopper yang mirip dengan motor Chopper land milik presiden RI Joko Widodo. “Ya kalau di kerjakan terus menerus, dan tidak ada kendala bisa selasai dalam satu bulan pengerjaannya, namun bila bahan bahan sulit di dapat yang bisa sampai enam bulan untuk pengerjaan satu motor ” ungkap Alex .

Meski hanya tukang servis motor yang tidak pernah mengenyam pendidikan tehnik, model dan performa motor kreasi Alex ini tidak kalah dengan motor Chopper buatan pabrikan. Montor kreasi Alex ini juga terbilang irit, untuk satu liter bahan bakar solar bisa di gunakan untuk jarak tempuh hingga 30 kilometer.
Saat ini motor kreasi Alex hanya untuk di koleksi sendiri , namun bila ada pecinta motor yang berniat membeli motor kreasinya tersebut maka Alex akan menawarkannya di antara harga 20 sampai 25 juta rupiah. Menurutnya harga itu sebanding dengan kesulitan dan kerumitan dalam proses perakitannya.

Motor kreasi Alex ini memang tidak di gunakan secara harian di jalanan. Motor bergaya Chopper berbahan bakar solar ini hanya di pakai Alex jika ada acara pameran atau touring bersama komunitas motor unik.
Kedepan bila ada modal yang cukup, dirinya berencana akan membuat kreasi motor berbahan bakar air, seperti mesin lokomotif jaman dahulunya. (Bondan)