Meriahkan Hari Bhayangkara ke-72, Polres Trenggalek Gelar Pemilihan Da’i Cilik Kamtibmas

Trenggalek – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-72, Polres Trenggalek menggelar berbagai kegiatan masyarakat. Kegiatan-kegiatan yang langsung melibatkan peran masyarakat tersebut diharapakan bisa semakin mempererat sinergitas yang baik antara Kepolisian Republik Indonesia dengan seluruh lapisan elemen masyarakat. Sebagaimana disampaikan oleh Kapolres Trenggalek, AKBP Didit Bambang Wibowo S, SIK disela pembukaan Lomba Pemilihan Da’i Cilik (Pildacil) Kamtibmas di Hall Hotel Jaaz Permai.

“Dengan momentum Hari Bhayangkara yang ke-72 ini kita berharap, sinergitas antara Polri dan masyarakat bisa terjalin dengan baik,”ungkap Kapolres, (Selasa, 3/7). Kegiatan lomba yang juga melibatkan Departemen Agama ini bertujuan untuk nantinya memunculkan bibit-bibit da’i yang berwawasan kekinian serta menepis faham radikalisme sejak dini. “Karena peran para da’i sangat penting dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat, maka sejak dini harus dibina dan diarahkan jangan sampai nantinya terjebak ke dalam pemahaman sempit radikalisme,”tambahnya.

Lomba Pildacil Kamtibmas kali ini diikuti oleh 53 peserta yang berasal dari berbagai tingkatan jenjang pendidikan di seluruh wilayah Trenggalek. “Peserta lomba, lanjut AKBP Didit dikelompokan dalam klasifikasi umur yaitu rentang usia 7 sampai 13 tahun yang nantinya akan memperebutkan piala Kapolres”. Sementara itu Anindita, (12), peserta lomba yang berasal dari salah satu sekolah madrasah negeri mengapresiasi dengan diadakannya kegiatan ini. “Saya sangat senang bisa ikut kegiatan seperti ini, selain untuk menambah wawasan juga bisa menambah teman,” ungkap Dita sapaan akrab Kapolres.

Dia mengaku bangga bisa terpilih dari seleksi antar siswa di sekolahnya dan berharap nantinya secara berkelanjutan akan terus ada lomba seperti ini. “Saya berharap nanti akan terus ada lomba-lomba sejenis, sehingga potensi anak-anak juga difasilitasi oleh pihak-pihak terkait,” harap siswi yang berasal dari Kecamatan Kampak ini. (Heru Gondrong)