Meriah, Ribuan Warga Garum Antusias Ikuti Pawai Hut RI ke 73

Blitar– Kecamatan Garum kab. Blitar mengadakan pawai kemerdekaan Republik Indonesia dengan mengusung tema kerajaan Majapahit masa kejayaan Tri Buana Tungga Dewi, sabtu (01/08/2018).
Sebanyak ratusan peserta ikut berpartisipasi untuk memeriahkan kegiatan yang berlangsung setiap tahunnya ini, diantaranya Paskibra SMA Garum, Busana Carnival SMA Garum, Drum Band SMP 1 dan 2 Garum, Kereta Bendi Tri Buana Tungga Dewi, Kereta Bendi Gajahmada, Kereta Bendi Kuda Merta, konvoi Wilis Club serta partisipan kelurahan dan desa se-kecamatan Garum.

Turut berpartisipasi ibu camat Garum, S. Nasikhah, memerankan putri Tri Buana Tungga Dewi dari masa kerajaan Majapahit dengan mengendarai kereta Bendi Tri Buana Tungga Dewi yang mengagumkan. Istri dari camat Garum tersebut menyampaikan dalam karnval ini tidak ada hadiah untuk peserta. Melainkan partisipasi masyarakat Garum sendiri untuk memeriahkan kemerdekaan RI ke-73.

“Sesuai dengan tema, kita bisa berkaca pada masa kerajaan Majapahit itu untuk menjadi sebuah kocobenggolo bagi masyarakat, kita bisa lebih sejahtera maju seperti masa itu.” Paparnya.

Ribuan penononton antusias menyambut karnaval ini dengan memadati Sepanjang jalan Dam, Tawangsari, Garum. Rute perjalanan karnaval dimulai di kantor kecamatan Garum sampai finish di tugu perempatan Poh’ono Sidodadi.
Dari pantauan media, berbagai pakaian adat, sepeda hias, kesenian hingga parade hasil pertanian telah disuguhkan. Tidak ketinggalan, berbagai atraksi dari peserta telah menyita perhatian penonton dari semua kalangan, anak-anak hingga orang tua.

S. Nasikhah juga menambahkan, Adanya karnaval ini kedepan kecamatan Garum bisa lebih maju, lebih sejahtera berdaya saing dalam rangka menghadapi globalisasi atau masyarakat ekonomi Asean. (Ervin)

Tinggalkan Balasan