Menko Perekonomian Dengarkan Curhatan Peternak Ayam Petelur Terkait Harga Jagung di Blitar

Blitar – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Darmin Nasution melakukan kunjungan kerja di kabupaten Blitar, kamis (13/12/2018). Di damping Gubenernur Soekarwo, pihaknya mendengarkan curhatan ribuan peternak telur dan petani di lapangan Desa Kebon Duren, kecamatan Ponggok.

Diketahui Blitar merupakan pemasok telur tingkat nasional nomor 2, namun kelangkaan jagung terus menjadi momok bagi para peternak telur. Dengan ini kedatangan Menteri Darmin menjawab dari pada keluh kesah para peternak ayam di kabupaten Blitar.

“Kami akan mengusakan agar harga jagung tidak naik lagi. setidaknya akan bertahan hingga pertengahan januari nanti. Pemerintah juga berharap kebijakan impor sebanyak 100 ribu ton jagung bisa meringankan beban para peternak ayam .” kata.

Menterin Darmin Nasution
Kebutuhan jagung di kabupaten Blitar mencapai 1.000 -1.500 per hari. Sedangkan jumlah peternak ayam di kabupaten Blitar sebanyak 4.421 orang peternak dengan populasi ayam 11 juta ekor yang memproduksi telur mencapai 450 ton per hari.

Menurut sukarman selaku peternak ayam petelur yang tergabung dalam Paguyuban Peternak Rakyat Nasional menyampaikan harga jagung saat ini berkisar antara Rp 5.600 – 5.800 per kilo gram. Adanya kondisi ini pihaknya mengaku tidak merasakan untung karena harga jagung yang mahal.

“Harapan kami semoga pemerintah segera memberikan solusi yang terbaik agar harga jagung tidak naik lagi. Harapan kami juga bahwa pasokan telur di pasaran tetap lancar dan pemerintah bisa menyediakan harga yang terjangkau.” Ungkapnya.

Sebelumnya Dr. Darmin Nasution tidak langsung menyapa para peternak ayam dan petani akan tetapi langsung terjun ke salah satu kandang ayam petelur milik peternak setempat. (Ervin)

Tinggalkan Balasan