Melon Tembus Manca Negara, Bupati Rini Syarifah Ajak Petani Millenial Kembangkan Budidaya Melon

Bopati Blitar Rini Syarifah Ajak Petani Horti Millenial Kembangkan Budidaya Melon

Blitar,JTV Mataraman :  Pemerintah Kabupaten Blitar, mendorong petani  millenail untuk  mengembangkan budidaya  tanaman horti  buah melon mengingat potensi penjualan buah itu cukup besar terlebih lagi untuk ekspor.

 “ Sa’at ini pasar  dalam negeri dan ekspor  untuk buah melon terbuka lebar dan kesempatan bagi para petani untuk mengembangkan tanaman buah melon. Kalau ini dilakukan petani muda kita akan kebanjiran untung”. Kata Rini Syarifah.

Menurut Rini Syarifah , apa yang sudah dilakukan oleh para petani muda (millenial) di Kabupaten Blitar seperti di Wilayah Kecamatan Binangun dan Wates dengan menerapkan pola tanam  sistem Green house sangatlah bagus. Selain resiko kegagalannya sangat kecil, tidak mudah terserang penyakit.

“ Bertani melon dengan sistem greenhouse keberhasilannya  sangat tinggi, panennya bisa diatur sepanjang tahun. panen bisa diatur antara petani satu dan lainnya.” Ucapnya.

Petani Milenial Sumberkembar Sukses Budidaya Buah Melon Tembus Mancanegara

Perlu diketahui bahwa , Desa sumberkembar Kecamatan Binangun mejadi salah satu desa penghasil buah melon. Sedikitnya ada 40 green house dikelola oleh petani millenial.  Para petani muda ini memiliki semangat untuk bertani tinggi dan juga kaya inovasi dalam berbudidaya.

Menurut Nonot Ketua Gapoktan Mangun Tani ,  Desa Sumberkembar Kecamatan Binangun, bertani melon sudah berjalan lima tahun dengan system greenhouse dan hasilnya lumayan besar bila dibanding komoditas tanaman horti lainnya.

 “ Sangat menguntungkan mas budidaya melon. Jika dikelola baik system green house tidak ada ruginya. Dalam setahun bisa memanen hingga 4 kali dan penjualannya sangat mudah bahkan sudah diterima pasar ekspor.” Kata Nonot kepada JTV Mataraman. , selasa ( 20/04/2021)

Lanjut Nonot semangat para pemuda untuk bertani membuat desa Sumberkembar makin berdaya secara ekonomi. Diakunya Peran para penyuluh  Dinas Pertanian dan pangan kabupaten Blitar sangat besar mengantarkan suksesnya petani melon desa Sumber kembar.

“ Tentu petani millenial selalu didampingi dan di beri pengetahuan cara bertani yang baik dan benar oleh penyuluh. Sehingga Tak heran  dalam waktu lima tahun terakhir  budidaya buah melon  menggeliat di desa Sumberkembar. “ ucapnya.(As)