Melalui Pembangunan Insfrastruktur Optimis Desa Karanggondang Sejaterakan Masyarakat

Pembangunan Drenase Melalui Padat Karya Desa Karanggondang Kec.Udanawu Kab.Blitar Bersumber Dana BKK

Blitar, JTV Mataraman: Pemerintah Desa Karanggondang Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar terus berbenah. Tahun ke tahun mengalami perkembangan pesat di bidang pembangunan infrastruktur , terutama fisik disamping sosial.

Selain menggunakan dana desa (DD) dan dana alokasi umum dan khusus , pemerintah desa juga memanfa’atkan dana Program Bantuan Keuaangan Khusus (BKK), yang tahun 2020 ini dimanfaatkan membangun draenase yang bertujuan untuk memperlancar saluran irigasi pertanian.

Kades karanggondang Edi Sucipto mengatakan pembangunan draenase bersumber dana BKK  sebesar 100 juta dikerjakan melalui padat karya  itu berada di dusun  Karangsari desa karanggondang, dengan panjang 136 meter , tinggi 1 meter dan tebal 10 cm dengan lantai cor semen.

  • “ Alhamdulillah sebelum akhir desember 2020 , pengerjaan draenase program BKK rampung bahkan ada tambahan volume swadaya masyarakat.” Kata Edi Sucipto , Kades karanggondang kepada wartawan,senin (01/03/2021) siang.

Lanjut Edi Sucipto bahwa dengan dibangunnya  draenase  diharapkan pengairan di pertanian menjadi lancar tidak ada saluran air yang tersumbat  dan menggenang yang bisa mengakibatkan tanaman rusak. ” Ini yang diharapkan oleh petani sehingga petani bisa mengatur kebutuhan air untuk kepentingan pertanian.” Jelas Kades Edi Sucipto

Sementara Sudiono , warga setempat mengaku senang dengan pembangunan draenase di akir tahun kemarin dan sangat bermanfa’at bagi petani karena secara umum dapat mempengaruhi kondisi tanah pertanian.

“ Penting mas  dalam pertanian ,  sarana irigasi dan draenase terutama musim kemarau , bisa menjadi solusi agar pengairan dapat dilakukan meski tidak ada hujan.” Tuturnya.

Pemerintah desa Karanggondang akan terus meningkat pembangunan sarana dan prasarana , infrastruktur fisik dan sosial lainnya yang semuanya akan berdampak memsejahterakan masyarakat.(As)