KPU Tulungagung, Mulai Memesan Surat Suara dan Hologram Pilbup

Tulungagung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung, mulai memesan surat suara serta hologram untuk kebutuhan Pilbup tahun ini. Pencetakan surat suara tersebut, ditargetkan akan selesai pertengahan bulan depan.

Untuk selanjutnya, dilakukan pengecekan dan pendistribusian, hingga saat ini. Kebutuhan logistik pelaksanaan pilkada yang sudah siap untuk digunakan adalah kotak dan bilik suara.

Design surat surat suara sudah disepakati oleh perwakilan setiap Pasangan Calon (Paslon). Selanjutnya, design ini akan dipesankan ke percetakan pemenang lelang oleh pihak KPU.

“Ditargetkan pencetakan surat suara ini, akan selesai pada pertengahan bulan Juni mendatang. Surat suara tersebut akan segera di distribusikan ke setiap tempat pemungutan suara.” Jelas Suprihno ketua KPU Tulungagung.

Untuk kebutuhan Pilbup tahun ini, pihak KPU akan memesan surat suara sebanyak 866.846 lembar. Jumlah ini, merupakan hasil perhitungan daftar pemilih tetap.

“Ditambah 2,5 persen jumlah pemilih di setiap tempat pemungutan suara. Selain itu, pihak KPU juga memesan 2.000 lembar surat suara khusus yang akan digunakan untuk pemilihan ulang.” Tambahnya.

Hingga saat ini, kebutuhan logistik pelaksanaan pilkada yang sudah siap digunakan hanyalah kotak dan bilik suara. Sedangkan, untuk kebutuhan lain seperti, alat pencoblos, tinta serta stiker segel masih menunggu kiriman dari KPU provinsi. Seluruh kebutuhan logistik, dijadwalkan akan didistribusikan pada 3 hari sebelum pencoblosan.

Pemesanan surat suara ini, dilakukan serentak se-Indonesia. Selain surat suara, KPU juga memesan hologram yang akan digunakan pada lembar formulir C satu. (Danu)