KPU Jombang Akan Segera Lelang Kotak Suara Berbahan Alumunium

Jombang – Setelah kotak suara untuk pemilu 2019 mendatang tiba, KPU Jombang akan segera melelang kotak suara pemilu 2014. Lelang ini akan dilakukan untuk 11.400 kotak suara berbahan aluminium.

Saat ini kotak suara berbahan aluminium sudah dalam persiapan lelang. KPU Jombang tinggal menunggu persetujuan dari KPU RI, karena surat sudah dikirimkan.

Jumlah kotak suara seluruhnya sebanyak 11.400 kotak, berat rata-rata setiap kotak 3,1 kilogram. Sedang harganya akan ditentukan sebesar Rp 16 ribu perkilogram, setiap kotak seharga sekitar Rp 48 ribu.

Hanif Purwanto, Sekretaris KPU Jombang, mengatakan, persetujuan dari KPU RI terkait rencana lelang ini diperkirakan akan turun pada awal November mendatang.

“Bagi calon peserta lelang, diharapkan segera mempersiapkan untuk ikut lelang,” jelas Hanif Purwanto.

Lelang kotak suara yang lama ini, menyusul telah tibanya kotak suara yang baru yang akan digunakan dalam pemilu 2019. Datangnya kotak suara yang baru dalam 2 tahap, tahap pertama 8000 kotak kemudian tahap kedua akan tiba berikutnya sebanyak 13.475 kotak.

Kotak suara yang baru ini terbuat dari karton, selain bahannya berbeda, disainnya juga berbeda. Kotak suara yang baru ini salah satu sisinya transparan.

Meskipun terbuat dari karton, kotak suara ini cukup kuat mendapat beban 60 kilogram lebih. Bahkan untuk duduk orang dewasapun tidak rusak. (Saiful)

Tinggalkan Balasan