Kiyai NU Berkumpul di Jombang Bentuk Komite Khottoh

Jombang – Sejumlah ulama Nahdlatul Ulama (NU) dari berbagai daerah melakukan pertemuan di Pondok Pesantren Chasbulloh Tambakberas Jombang, lebih dari 50 ulama dari sejumlah daerah hadir dalam halaqah ini.

Selain dihadiri dzuriyah ulama pendiri NU seperti KH Salahudin Wahid, KH Hasyim Karim, KH Hasib Wahab dan KH Fahmi Amrulloh Hadzik, pertemuan ini juga diikuti sejumlah ulama dari berbagai daerah.

Diantaranya KH Suyuti Toha Banyuwangi, KH Nasihin Hasan jakarta, KH Maimun Sumenep, KH Muzammil Jogjakarta, KH Ahfas Baidlowi Lasem, Jawa Tengah, KH Abd Muid Malang, KH Rohmat Wahab Jogjakarta, Tengku Bulkaini dari Aceh dan KH Ndang Muttaqin dari Tangerang, Banten.

Halaqah diisi dengan berbagai pengarahan dari para ulama, sumbang saran peserta serta dialog. Salah satu hal penting yang menjadi keputusan halaqah, dibentuknya komite khitthoh NU.

Komite ini akan membersihkan NU dari kepentingan politik. Meski belum diputuskan, usulan paling kuat komite khittoh akan diketuai oleh KH Salahudin Wahid atau Gus Solah.

Choirul Anam juru bicara pertemuan mengatakan, komite khittoh akan menjadi wadah berhimpunnya para dzuriyah (anak cucu) muassis (pendiri) NU dan pecinta NU serta penganut khittoh NU.
“Sehingga komite ini akan terus berupaya menyelamatkan NU, yang kini telah dirusak sendiri oleh PBNU.” jelas Choirul Anam.

Halaqah kedua ini digelar setalah halaqah pertama sukses dilaksanakan di Pondok Pesantren Tebuireng akhir Oktober lalu. Sedangkan halaqah ketiga akan dilangsungkan di Situbondo Jawa Timur, tanggal 5 Desember mendatang. (Saiful)

Tinggalkan Balasan