Jalin Silaturahmi, Komandan Korem 081 Dhirotsaha Jaya Lakukan Safari Ramadhan

Tulungagung – Komandan Korem 081 Dhirotsaha Jaya (DSJ) Kodam V Brawijaya, Kolonel Inf Sidharta Wisnu Graha pada Rabu melaukan Safari Ramadhan ke Markas Kodim 0807 Tulungagung. Kunjungan kali ini dilakukan untuk mempererat tali silaturahim, antara anggota TNI bersama masyarakat di sekitar Markas Kodim 0807 Tulungagung.

“Ini tujuannya adalah mempererat hubungan Silaturahim antar anggota dan masyarakat, sekaligus mengingatkan kepada semuanya untuk memaksimalkan bulan suci ini dengan beribadah,” Ujar Sidharta.

Sidharta mengingatkan, silaturahim merupakan kekuatan bangsa yang sejak awal menjadi alat perekat hubungan antar masyarakat, bahkan dengan eratnya hubungan tersebut, TNI bisa lahir dan tumbuh hingga saat ini.

Tidak hanya itu saja, dengan silaturahim potensi tumbuhnya faham radikal di masyarakat bisa diminimalkan, misalnya dengan melaporkan kepada aparat tentang adanya gerak gerik kelompok warga yang mencurigakan, atau adanya kelompok tertentu yang sengaja menyebarkan faham radikalisme sehingga pergerakannya bisa segera didideteksi dan diminimalkan.

“Silaturahim juga bisa menjadi filter untuk meminimalkan penyebaran faham radikalisme, dengan silaturahim masyarakat bisa mendeteksi dan melaporkan tindakan yang dianggap mencurigakan,” Lanjutnya.

Dirinya mencontohkan pelaku teror bom di Surabaya yang mengaku paling benar dan menyalahkan orang lain, yang tega melukai dirinya dan keluarga besarnya demi tujuan yang setelah dipelajari ternyata tidak dibenarkan oleh agama manapun.

“Ini harus menjadi pelajaran dan pertanyaan bagi kita sebagai muslim, apakah kita sudah benar benar menjalankan agama sesuai perintah dan jangan sampai kita tersesat seperti pelaku tindakan teror yang menghalalkan bunuh diri untuk tujuan tertentu,padahal bunuh diri tidak pernah diajarkan dalam agama manapun,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sidharta juga meminta masyarakat agar mengedepankan kesediaan untuk berbagi kepada sesama, termasuk kepada anak yatim dan orang orang yang membutuhkan dilingkungan sekitar. (Danu)