Idul Adha Berkah Bagi AKP. Saim Sholeh, Polisi Kreatif Peternak Kambing Kurban

Tulungagung – Menjadi abdi Negara dan memiliki posisi penting dalam jajaran Polres Tulungagung, tidak menjadi penghalang bagi AKP Saim Sholeh polisi kreatif peternak kambing kurban warga  Desa Sanggrahan,  Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung.

Dia tak ragu sama sekali masuk ke dalam kandang kambing yang kotor dan bau, komandan Soim terlihat biasa-biasa saja dan menikmatinya, bahkan tidak canggung membersihkan kandang dan memberikan pakan rumput kepada hewan ternaknya.

“Ya usaha ini kurang lebih sudah enam tahun lah,” ujar Kanit Shabara Polsek Ngunut Tulungagung.

Model dan penataan kandang milik Soim pun  didesain  rapi dan bersih. Kandang di buat seperti panggung kambing di tempatkan dalam kotak berjajar dan alasnya di atas tanah  sehingga kandang mudah di bersihkan tidak mudah becek dan bau.

Usaha ternak kambing ini dimulai sejak enam tahun silam, bersama salah satu teman sekolahnya.

Patungan modal untuk pembuatan kandang dan membeli beberapa ekor kambing kurus dan kambing anakan di pasar hewan, Kambing-kambing tersebut kemudian dirawat dengan baik.

“Untuk memberdayakan potensi yang ada kita joinan dengan sahabat saya,” tambah Soim.

Selain kebersihan kandang di jaga kambing di beri makanan hijauan yang segar dan tak lupa di beri vitamin. Hasilnya luar biasa  kambing yang tadinya kurus menjadi sehat gemuk dan siap di jual.

Seiring waktu  kambing milik Soim berkembang biak menjadi banyak, hingga mencapai ratusan dan ditempatkan di beberapa kandang.

“Karena tak sanggup menanganinya sendiri kami meminta bantuan tetangganya untuk membantu merawat dan membesarkan kambing,” tegasnya.

Memasuki hari raya kurban seperti sekarang ini, bisnis kambing  sangat menguntungkan. Banyak orang yang membutuhkan kambing sebagai hewan qurban. pada hari raya kurban kali ini harga kambing yang di tawarkan beragam mulai dari kisaran Rp. 2,5 juta hingga Rp. 5 juta per ekor.

“Untuk harga Menyesuaikan ukuran tubuhnya,” pungkasnya.

Selama ini pembeli kambing peliharaan saim, masih warga sekitar tulungagung saja. seiring waktu banyak warga  yang kini menjadi pelanggannya. (Danu)