Hooree, Ribuan SantriPondok Pesantren Gontor Putri di Mantingan Dapat Nyoblos Pemilu 2019 Mendatang

Ngawi – Masuk dalam daftar pemilih tambahan (DPT) ribuan santri Pondok Pesantren Gontor Putri di Mantingan Kabupaten Ngawi, akan berpartisipasi dalam pemilu 2019.

Seperti proses valiadasi data pemilih di Pondok Pesantren Gontor Putri di Mantingan. Aktivitas yang dilakukan petugas KPU Kabupaten Ngawi tersebut, telah dilakukan hampir sepekan dengan sasaran pemilih tambahan. Setiap harinya, petugas panitia pemilihan Kecamatan Mantingan, berhasil mendata sekitar 300 hingga 400 santri.

Risma Anis, pengasuh Ponpes Gontor Putri, menjelaskan, dari sekitar 4.500 santri dan pengajar di pesantren tersebut, jumlah pemilih tambahan yang tercatat, mencapai sekitar 2500 orang.

“Dari jumlah tersebut sekitar 500 santri masih belum masuk dalam daftar pemilih tetap ditempat tinggalnya masing-masing, sehingga pihak pesantren, berupaya memperjuangkannya,” jelas Risma Anis

Syamsul Wathoni, Ketua KPU Kabupaten Ngawi, menjelaskan, untuk memfasilitasi hak pilih ribuan pemilih tambahan, pada tanggal 17 April mendatang, KPU kabupaten Ngawi akan mendirikan sekitar 8 tempat pemungutan suara di dalam pondok pesantren putri.

“Setiap tempat pemungutan suara, diproyeksikan bisa menampung sekitar 300 pemilih,” kata Syamsul Wathoni.

Untuk penyelenggaraan pemilu 2019 di Kabupaten Ngawi, yang memiliki potensi lebih 700 ribu pemilih total anggarannya mencapai sekitar Rp 37 milyar.

Oleh sebab itu, bagi warga yang telah masuk dalam daftar pemilih tetap diharapkan menggunakan hak pilihnya, agar uang negara tidak mubazir. (Herpin)

Tinggalkan Balasan