Hadiri Panen Perdana , Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi Dorong Petani Kembangkan Tanam Padi Sehat

Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi Panen Perdana Padi Oragnik Sistem Demplot Yang Di Kembangkan Poktan Sambi Makmur Desa Kwagean Kec.Loceret

Nganjuk,JTV Mataraman – Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi menghadiri panen perdana program Padi Sehat sistem Demplot yang di tanam dan dikembangkan oleh kelompok Tani. (Poktan) Sambi Makmur, Dusun Sambi Jajar Desa Kwagean, Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. Senin (14 /06/ 2021).

Panen perdana itu diikuti oleh Dandim 0810 Nganjuk Letkol Inf. Georgius Luky Ariesta,Sekda M.Yasin, Kepala Dinas Pertanian,Plt.Camat Loceret,Kades Loceret dan Para Kelompok Tani ( Poktan).

Plt.Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi mengatakan cara menanamn padi sistem demplot yang dikenalkan poktan  ini sangat baik  menggunakan pupuk organik dan menghasilkan padi sehat.

 “ Saya ingin kedepan tanam padi sisitem demplot seperti ini bisa dikembangkan oleh perani Nganjuk agar mengasilkan padi sehat”. Kata Marhaen Djumadi Plt.Bupati Nganjuk.

Dijelaskan Marhaen Djumadi , tanaman padi demplot tersebut sama sekali tidak menggunakan pupuk kimia dengan demikian aman dan sehat  untuk di konsumsi. “ Kalau mau sehat harus menghindari yang makanan  mengandung  kimia “.Ujarnya.

Plt.Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi Temu Lapang Dengan Petani

Menanam padi organik , menurut Marhaen Djumadi biaya untuk perawatan tidak harus banyak dan hasilnya tidak kalah dengan menggunakan pupuk kimia. Terbukti panen perdana sistem demplot ini bisa mengahsilkan 9 ton per hektar.

 “ Tidak hanya untung dari segi jumlah panen, namun juga murah karena semua pupuknya dibuat sendiri. Sehingga tidak ketergantungan pupuk dengan pupuk kimia”.jelasnya.

Plt. Bupati Nganjuk ini berharap konsep tanan padi yang dikembangkan oleh kelompok tani Sambi Makmur ini bisa dikembangkan petani di setiap desa di kabupaten Nganjuk. “  Dengan mengurangi penggunakan pupuk kimia bisa mengurangi cost tinggi , warga Nganjuk sehat perekonomian petani meningkat.” Pungkasnya.(Min)

Tinggalkan Balasan