Generasi Muda Di Tulungagung Minim Minat Sektor Pertanian, Beri Stimulus Lewat Bantuan Ratusan Alsintan

TINGKATKAN: Tampak ratusan alsintan yang akan diberikan kepada puluhan petani muda di Tulungagung.

Tulungagung, JTVMataraman.com: Saat ini partisipasi generasi muda sangat minim atau bahkan kurang tertarik untuk bekerja dibidang pertanian. Hal itu disebabkan karena masih ada anggapan bahwa sektor pertanian kurang menjanjikan bagi generasi muda.

“Maka dari itu puluhan petani dibeikan bantuan berupa dana hibah, bibit, hingga alat mesin pertanian (alsintan). Harapanya agar muncul petani-petani muda,” ujar Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, (30/9).

Dana hibah yang diberikan dari program Employment Youth Entrepreneurship and Employment Support Service (YESS) yang bersumber dsri Kementerian Pertanian melalui Politeknik Pembangunan dan Pertanian Malang.

“Terdiri dari cultivator 17 unit, pompa air 107 unit, traktot roda dua sebanyak 12 unit, traktor roda empat sebanyak tiga unit, handsprayer 23 unit dan UPPO 11 unit. Jadi totalnya ada 174 unit yang diberikan para petani,” paparnya.

Sementara itu, Direktur Politeknik Pembangunan dan Pertanian Malang, Setya Budi Udrayana menambahkan, pemberian dana hibah bertujuan agar bisa mengembangkan usaha sektor pertanian dan menjadi stimulus bagi petani yang berusia 19-39 tahun untuk bisa berkembang.

“Tahun depan kami berupaya akan kami tambah jumlah penerimanya untuk meningkatkan sektor pertanian khususnya bagi petani muda,” pungkasnya. (ham)