Disparbud Trenggalek Dorong Pokdarwis Dewi Arum Pulosari Kembangkan Desa Wisata Pandean

Indahnya Obyek Wisata Alam Pandean , Wisatawan Bisa Beramin Olah Raga River Tubing

Trenggalek,JTV Mataraman : Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud)  Kabupaten Trenggalek terus mendorong pengembangan potensi obyek wisata di desa Pandean Kecamatan Dongko yang diinisiari oleh Kelompok Sadar Wisata ( Pokdarwis) Dewi Arum Pulosari desa Pandean. Keberadaan potensi wisata itu cukup menarik, karena ada daya tarik wisata alam, wisata buatan, dan daya tarik wisata budaya.

“ Kita akan terus mendorong  Pokdarwis Arum Dewi Pulosari  yang memiliki semangat luar biasa dalam mengembangkan obyek wisata di desa Pandean. Ini  merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap visi misi  kepemimpinan bupati saat ini, sebagai  upaya  mewujudkan  seratus desa wisata di Kabupaten Trenggalek,” ungkap  Sunyoto Kepala Disparbud Kabupaten Trenggalek kepada JTV Mataraman,kamis (06/04/2021).

Menurut Sunyoto, kawasan wisata di Desa Pandean ini masih merupakan kawasan wisata rintisan. Meski demikian  Pokdarwis Dewi Arum Pulosari  telah  banyak melakukan persiapan seperti  menyediakan tempat seperti gazebo, MCK, Café dan  homestay, serta mulai menyiapkan aneka produk lokal dengan menggandeng pelaku usaha kecil menengah (UKM) diperuntukkan untuk wisatawan yang berkunjung.

 “  Kami berharap Pokdarwis Dewi Arum Pulosari bersinergi dengan pemerintah desa serta merangkul  para penggiat pariwisata dan stakeholder agar berkembang pesat.”  terangnya.

Wisatawan Bisa Menikmati Wisata Budaya Tabuh Lesung Dan Terbang Elo

Ketua Pokdarwis Dewi Arum Pulosari  Ririn Setyo Widiastutik, bertekad akan terus mengembangkan potensi wisata yang ada di desa Pandean. Baik dari sisi seni, budaya maupun wisata alam dengan merangkul berbagai elememen masyarakat agar merasa memiliki terhadap kekayaan keindahan alam desanya.

“ Banyak yang kita garap , potensi wisata alam yang kita miliki , diantaranya keindahan sungai  konang dengan beragam bebatuan serta debit air yang jernih. Sehingga menarik bagi wisatawan , selain  menikmati keindahan alam bisa berolahraga air seperti river tubing. Selain ada juga destinasi wisata  lainnya seperti  jurug atau air terjun yang akan membuat wisatawan semakin kerasan.” Kata Ririn Setyo Widiastutik.

Ririn menambahkan selain wisata alam , juga ada wisata budaya yang juga dikembangkan yakni  tabuh lesung, karawitan, terbang elo dan watu lumping. “ Meski masih tahap pegembangan dan sejumlah fasilitas  minim , Alhamdulillah kunjungan wistawan sudah lumayan ramai dan yang paling penting kami akan memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengunjung.”jelasnya.

Sedangkan untuk konsep pengembangan kedepannya ,Pokdarwis Dewi Arum Pulosari tengah mempersiapkan metode paket wisata. Dengan begitu akan dapat menunjang potensi – potensi yang ada di desa Pandean. Destinasi wisata Pandean, bisa menjadi refrensi yang oke  bagi wisatawan. (Bang)

Tinggalkan Balasan