Ciptakan Pendidikan SDM Guru, SMP IT Al-Hikmah Gelar Pelatihan Pengelolaan Aktif Berbasis Karakter

Blitar – SMP IT Al-Hikmah Bence kabupaten Blitar mengadakan pelatihan pengelolaan aktif berbasis karakter yang bekerja sama dengan Yayasan Dana Sosial AL-Falah Surabaya (YDSF) dan Kualita Pendidikan Indonesia (KPI). Pelatihan ini dibuka oleh perwakilan kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Rina Mardiati selaku Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar.

Tampak dihadiri 2 trainer dari KPI dan diikuti oleh perwakilan guru dari 11 lembaga SMP swasta se Kabupaten Blitar. Pelatihan ini berlangsung selama 3 hari yakni mulai dari hari jum’at (16/11/2018) sampai minggu (18/11/2018) dengan tujuan mencetak sebuah kualitas pendidikan yang bagus serta SDM seorang pendidik dimana harus mampu memiliki sebuah keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemikiran kondusif kelas.

Muhammad Wildan Arif selaku trainer dari Kualita Pendidikan Indonesia (KPI) mengatakan hari pertama akan dilakukan training mengenai bagaimana memahami untuk membentuk karakter siswa, hari kedua training tentang membuat pembelajaran yang aktif, membuat siswa senang dalam pelajaran dan lebih banyak ikut peran serta. Hari terakhir adalah praktik dan pematangan.

“Jadi untuk pengaplikasiannya nanti memang secara program, karena karakter ini bisa terbentuk dalam program-program dan benar-benar sudah di bentuk guru sehingga itu bisa membentuk karakter itu sendiri. Semoga itu tidak hanya sekedar hanya di kelas ini saja tapi juga bisa di aplikasikan di kelas sekolah masing-masing .” Tuturnya.

Sementara itu Anik Nurhayati, S.Si selaku ketua panitia sekaligus kepala SMP IT Al-Hikmah Bence menyampaikan sesuai kurikulum 2013 bahwa guru sebagai fasilitator dan siswa itu adalah yang aktif , bagaimana mengkondisikan sebuah pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan sehingga siswa merasa bahwa dia tidak merasakan capek saat pelajaran dan ilmu mudah untuk masuk.

“Harapan saya generasi-genarasi penerus kita akan menjadi genarasi yang kuat, menghilangkan dua M yaitu Malas dan Manja. Ayo saatnya kita didik anak didik kita, untuk menjadi generasi yang mandiri, kuat dan tangguh siap menghadapi jaman atau apapun dengan tetap karakter yang baik.” Ungkapnya.

Rina Mardiati Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar mengucapkan terima kasih dengan diadakannya pelatihan pengelolaan kelas aktif berbasis karakter di SMP IT Al Hikmah Bence , tentunya dengan diadakannya kegiatan ini yang dihadari oleh bapak ibu guru SMP swasta di kabupaten Blitar akan menambah wawasan untuk membina dan melaksanakan dengan kegiatan siswa siswi di sekolah masing-masing.

“Tentunya kegiatan penguatan karakter sudah di canangkan oleh bapak bupati yaitu kita bekerja sama dengan mata hati dan trainer dari KPI (Kualita pendidikan Indonesia) dan di danai oleh Yayasan Dana Sosial AL Falah Surabaya , saya berterima kasih banyak kegiatan ini sudah dilaksanakan yang ketiga kali dengan berjalan sukses.” Kata Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar Rina Mardianti, jum’at (16/11/2018). (Ervin)

Tinggalkan Balasan