Bupati Blitar Bersama Ribuan Umat Hindu Ikuti Upacara Melasti Jolosutro

Blitar – Memperingati Hari Raya Nyepi, ribuan umat Hindu di Blitar Raya menggelar upacara Melasti, yakni pembersihan diri dan alam semesta. Upacara dilaksanakan di Pantai Jolosutro, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar, Minggu (11/3/2018). Dalam ritual ini, para umat Hindu membawa berbagai sesaji berupa aneka hasil bumi untuk dilarung ke lautan sebagai bentuk penyucian diri dari pengaruh buruk duniawi.

Sebelum prosesi larung dimulai, para umat Hindu ini terlebih dulu menjalani sejumlah ritual, seperti percik tirta hingga sejumlah tarian. Mereka juga membawa sejumlah alat musik seperti kenong dan gong untuk mengiringi upacara keagamaan tersebut.

“Upacara Melasti ini bertujuan untuk menyucikan diri sebelum memasuki ritual sesungguhnya, yaitu Nyepi dengan tujuan menghilangkan pengaruh buruk dengan mendapatkan ketenteraman dalam hidupnya,” kata Ketua Parisada Hindu Dhrama Blitar Raya Lestari kepada JTV mataraman.com

Sementara itu Bupati Blitar H. Rijanto yang menghadiri acara ini bersama dengan Forkopimda Blitar mengatakan, upacara Melasti adalah kegiatan tahunan rutin PHDI yang digelar bersama Pemkab Blitar.

Rijanto berharap kegiatan ini bisa menjadi perekat dan pemersatu masyarakat dalam menjaga kedamaian umat beragama dan keutuhan NKRI. “Dengan Melasti tersebut, umat Hindu berharap semoga masyarakat Kabupaten Blitar diberi kehidupan yang lebih baik oleh Tuhan Yang Maha Kuasa dan dibebaskan dari segala bentuk keburukan,” ucap H. Rijanto, di sela sela menghadiri upacara melasti.( Moch.Asrofi)