BPN Tulungagung: Kami Tidak Tahu Rencana Pembangunan Tol Kediri-Tulungagung!

TEGASKAN: Kepala BPN Tulungagung, Tulus Susilo.

Tulungagung, JTVMataraman.com: Ternyata sampai saat ini Badan Pertanahan Nasional (BPN) Tulungagung tidak mengetahui secara pasti rencana pembangunan jalan tol Kediri-Tulungagung. Pasalnya, pihaknya belum pernah sekalipun ditemui oleh tim pelaksana ataupun dari investor.

Kepala BPN Tulungagung, Tulus Susilo mengungkapkan bahwa pihaknya sama sekali belum pernah ditemui oleh pihak pembangunan tol. Bahkan dalam penyusunan AMDAL.

“Saya sampai tanya kepada Bupati dimana saja lokasi yang akan dibangun jalan tol. Bahkan Bupati saja tidak tau, sama dengan saya,” ungkapnya.

Seharusnya yang ideal itu, tim pelaksana pembangunan jalan tol mendatangi Bupati dan BPN, serta pihak-pihak yang bersangkutan.

“BPN itu menjadi pilar utama dalam pengadaan tanah,” terangnya.

Tulus mengatakan, tidak tau alasan tim pelaksanan dan investor enggan menemuinya. Padahal BPN tidak ada kaitanya dengan penentuan harga tanah. Karena BPN hanya pelaksana dalam mendata dan mengukur tanah.

“Ya itu, kami belum dapat penentuan lokasi (penlok) jalan tolnya,” tuturnya.

Jika dari tim pelaksana mau melakukan koordinasi langsung terkait penlok jalan tol Kediri-Tulungagung, pihaknya juga bisa meberbitkan surat kepada notaris serta ke desa yang bersangkutan untuk mencegah terjadinya spekulan tanah yang mencoba mengambil keuntungan.

“Ini akan sangat membantu warga mengamankan tanahnya yang nantinya terkena pembangunan jalan tol,” pungkasnya.

Berdasarkan infromasi yang dihimpun, rencana pembangunan jalan tol Kediri-Tulungagung akan melewati empat kecamatan. Diantaranya Kecamatan Karangrejo, Kauman, Kedungwaru dan Tulungagung. (ham)