Berisi Paham Komunis, 160 Buku Diamankan Koramil Pare Kediri

Kediri – Sebanyak 160 buku diduga berisi paham komunis ini disita petugas Koramil 0809 11 Pare dari 3 toko buku, yang ada di kawasan kampung inggris pare yakni , toko buku q-ageng satu dan dua di Jalan Brawijaya nomor 67 Desa Tulungrejo Kecamatan Pare dan toko buku abadi di Jalan Brawijaya Nomor 123 Pare. Ratusan buku tersebut dicetak oleh sejumlah lembaga penerbitan.

Seperti buku berjudul menempuh jalan rakyat d.n. aidit, toko partai komunis indonesia yang diterbitkan oleh yayasan pembaharuan tahun 1952 dan buku berjudul negara madiun? kesaksian soemarsono pelaku sejarah yang diterbitkan oleh fuspad tahun 2003.

Letnan Kolonel Infanteri Dwi Agung, Komandan Kodim 0809 Kediri mengatakan, penyitaan buku-buku diduga berisi paham komunis ini bermula dari laporan babinsa setempat yang ditindaklanjuti oleh tim gabungan.

“Peredaran buku tersebut dianggap bertentangan dengan tap MPRS nomor 25 tahun 1966 tentang pembubaran partai komunis Indonesia,” kata Letnan Kolonel Infanteri Dwi Agung.

Untuk mengkaji lebih dalam tentang isi buku tersebut, pihak kodim 0809 kediri bersama koramil 0809,11 pare melakukan rapat evaluasi bersama kepolisian, kejaksaan negeri dan Kesbangpolinmas Kabupaten Kediri.

“Petugas juga akan melakukan pemanggilan, terhadap dua pemilik toko buku untuk dimintai keterangan,” tutup Letnan Kolonel Infanteri Dwi Agung. (Rofi)

Tinggalkan Balasan