Berawal Hobi, Seorang Ibu Rumah Tangga Di Kediri Raup Puluhan Juta Rupiah Dari Bunga Bougenville

Salah Satu Bunga Baugenvile Di Katang, Kab. Kediri

Kediri, JTVMataraman.com : Meraih cuan di masa pandemi seorang ibu rumah tangga di Kabupaten Kediri meraup untung hingga puluhan juta rupiah dari budidaya bunga Bugenvile koleksi suaminya. Bahkan permintaan terus meningkat seiring berlakunya PPKM. Sementara tren jenis tanaman hias lainya mengalami penurunan.

Di saat tanaman hias seperti Aglonema dan Janda bolong mengalami tren penurunan, kini tanaman bunga Bugenvile justru mulai ramai peminat. Hal ini dirasakan oleh pemilik Jawa Garden Landsape di Desa Katang, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, bahkan omset perbulan bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Heni Ifawati Sedang Memetik Bunga Baugenvile

Heni Ifawati mengaku sebenarnya koleksi bunga Bugenvile sudah dilakukan sejak lama oleh suaminya. Namun baru 5 bulan terakhir membudidayakan bungan jenis ini. Bahkan permintaan bunga jenis ini meningkat sejak masa PPKM serta musim kemarau yang merupakan puncak berbunga jenis tanaman hias satu ini.

Jenis bunga ini mulai mengalami peningkatan sejak 3 bulan terakhir dimana jenis tanaman lain mulai ditinggalkan penggemar bunga. Dalam sebulan ia mampu menjual lebih dari 100 polibag bunga Bugenvile dari bebagai jenis.

Bahkan tanaman berukuran besar lebih dari 2 meter juga mulai banyak dicari pembeli bahkan dari hasil penjualan ini, omset penjualan mencapai 10 Juta rupiah lebih sementara sebelumnya penjualan bunga ini sepi pembeli.

Jenis koleksi bunga Bugenvile di kebun milik Heni sedikitnya terdapat 20 jenis antara lain jenis Sakura, Es krim, Singapura, Jawel, Butterfly, Sam Diamond. Harganya bervariasi mulai 10 ribu hingga 5 juta rupiah lebih tergantung karakter pohon dan ukuran batang.

Pembeli bunga Bugenvile hasil budidaya Heni selain dari Karesidenan Kediri, Malang, Sidoarjo, Surabaya. Selain bunga Bugenvile sangat menarik bunganya juga tidak mudah layu dan mudah perawatanya.(rof)