Berawal Dari Hobi, Budidaya Bonsai Samsu Hidayat Raup Untung Jutaan Rupiah

Samsu Hidayat PNS Pembudidaya Bonsai Memanfa’atkan Halaman Rumah Raup Untung Jutaan Rupiah

Blitar,JTV mataraman : Mendengar nama Bonsai di benak kita adalah tanaman media pot hanya sebagai penghias rumah. Namun ternyata bonsai banyak memberi manfa’at bagi pemeliharanya, selain bisa memberi sarana hiburan hobi , bonsai menjadi sumber penghasilan.

 Samsu Hidayat (56 th). pria asal Dusun Tekik Desa Tambakan Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar yang notabenenya adalah seorang Aparatur Sipil Negara di salah satu instansi pemerintah ini salah satu penghobi bonsai yang telah menekuninya selama dua tahun lalu.

Hampir setiap hari Samsu Hidayat memanfa’atkan  waktu luang untuk membuat atau mengurus tanaman bonsai yang ada di rumahnya yang saat ini jumlahnya  mencapai ratusan pohon berbagai jenis dan ukuran kecil, menengah dan besar.

‘’ Dua hal yang bisa kita dapatkan dari menanam bonsai, yakni memperindah hunian dan mempertebal isi dompet.” Katanya sambil tersenyum,sabtu (19/06/2021) dirumahnya.

Menurut Samsu Hidayat budidaya pohon bonsai tidak ada ruginya. pohon-pohon bonsai itu bisa menjadi bisnis yang bisa mendatangkan   pundi – pundi rupiah.  Bagi pembudidaya pemula tidak harus membutuhkan lahan yang luas , dilahan sempit bisa dilakukan.

Samsu menuturkan  awalnya  ia hanya menanam di pot  10 pohon dengan memanfa’atkan lahan sempit halaman rumah. Sekarang saya kembangkan lebih luas di lahan pekarangan belakang rumah lebih  700 pohon mulai dari bakalan hingga jadi.

Memanfa’atkan Waktu Luang Sepulang Kerja Samsu Hidayat Rajin Merawat Bonsai Agar Terlihat Cantik dan Menarik

Adapun jenis yang di budidayakan  bermacam – macam , asam jawa, kawista, anting putri,kimeng, kemuning, hokianti, kacapiring, santigi ,anting putri, sakura dll.

“ Saya bersyukur bisa  budidaya bonsai dan Alhamdulillah hasilnya lumayan besar  bisa puluhan juta per bulan . ” Ucapnya.

Meski pandemi ini menurutnya tidak memengaruhi bisnis  tanaman bonsai. Peluang menjadi wirausaha tanaman bonsai ini masih  tetap menjanjikan  karena pasar terbuka lebar baik lokal maupun ekspor.

Samsu Hidayat mematok harga  berfariasi tergantung jenis dan karakter pohon, kalau masih bahan dibanderol Rp. 100 ribu hingga 500 ribu. Sedangkan bonsai yang siap dinikmati namun masih dalam pengembangan bisa mencapai Rp 5 hingga 15 juta bahkan ratusan juta lebih tergantung jenis dan karakternya.

Samsu Hidayat berharap banyak masyarakat atau  yang  milenia banyak waktu bisa mengikuti jejaknya, terutama bagi mereka yang tidak memiliki lahan tanah yang luas. Karena bonsai bisa ditanam di dalam pot, baik di halaman rumah, maupun di teras rumah.

“Bagi para hobies menikmati keindahan bunga-bunga ini menjadi kesenangan tersendiri untuk mengobati lelah sepulang kerja , dengan cuci mata  menyegarkan dan menyejukkan penglihatan dengan memandangi tanaman-tanaman nan indah memikat. Yang pasti tidak hanya penghias rumah , juga  penghias isi dompet.” pungkasnya.(As)

Tinggalkan Balasan