Berantas Hama Di Persawahan, Pemdes Salamrejo Trenggalek Gelar Sayembara Berantas Hama Tikus

Pemdes Salamrejo Trenggalek Mempunyai Cara Unik Untuk Memberantas Hama Di Sawah.

Trenggalek, JTVMataram.com : Berawal dari keluhan masyarakat tentang maraknya hama tikus di Desa Salamrejo. Pemerintah Desa mencoba hadir untuk mengatasi permasalahan masyarakat. Bagi warganya yang bisa membawa tikus ke kantor desa, Pemerintah Desa akan memberikan hadiah senilai Rp 1000 untuk satu ekor tikusnya.

PJ Kades Salamrejo Bambang Dwi Putranto menjelaskan pemberian reward atau apresisasi kepada masyarakat tersebut dimaksudkan sebagai stimulus agar masyarakat setempat bersedia secara swadaya untuk ikut serta dalam pemberantasan hama tikus di areal persawahan atau ladang.

Aparat Desa Salamrejo Sedang Menghitung Jumlah Tikus Hasil Buruan Warga.

Total hadiah dalam sepekan diberlakukan sayembara ini mencapai Rp. 3 juta. Untuk kedepannya, pihak Desa akan melakukan evaluasi kegiatan ini diperpanjang atau tidak. Di hari pertama sayembara sampai pukul 10.00 ada sekitar 250 tikus yang telah disetorkan masyarakat.

Luki Efendi salah seorang warga setempat berhasil menyetorkan tikus sejumlah 60 tikus. Dia mengaku mendapat tikus sebanyak itu dari sawah dan ladang. Tikus sebanyak itu didapatkan bersama temannya pada malam hari menggunakan senapan angin. Dirinya oleh Pemerintah Desa diberi hadiah sejumlah Rp. 60 ribu. (bang)