Bea dan Cukai Kediri akan Tindak Pedagang Liquid Vapor Tak Berpita Cukai

Kediri – Direktorat Jendral Bea dan Cukai telah wajibkan setiap produk liquid vape atau vapor, dilengkapi pita cukai mulai 1 Oktober 2018 lalu. Tetapi di wilayah Kediri, penerapan aturan ini sedikit lebih longgar karena akan direaliasikan pada 2019 mendatang.

Suryana, kepala kantor pengawasan pelayanan bea dan cukai tipe madya cukai kediri menjelaskan, tindakan hukum mulai diberlakukan tahun depan bagi setiap produsen rokok elektrik yang tak berpita cukai. “Pemerintah telah mengawali penerapan aturan hukum ini dari tahap pembinaan sejak tahun 2017 lalu,” kata Suryana.

Bea cukai cukai kediri memastikan tak ada produsen liquid vape di wilayah Kedirim, berdasarkan data yang dimiliki hanya ada 200 an pedagang eceran. “Mereka memperoleh pasokan dari para produsennya yang ada di wilayah Sidoarjo dan Pasuruan,” ujar Suryana.

Sesuai aturan, cukai yang diterapkan pemerintah pada liquid vapor sebesar 58 persen dari harga jual eceran. Selain itu, ada tarif harga jual eceran dari pemerintah mulai kategori 15 mililiter, 30 mililiter, 60 milililer dan 100 mililiter. juga ada kategori liquid premium dan non-premium. (Rofi)

Tinggalkan Balasan