Bawaslu Jombang Menemukan Ribuan DPT Ganda dalam Pemilihan Legislatif dan Presiden 2019

Jombang – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jombang, menemukan ribuan Daftar Pemilih Tetap (DPT) ganda dalam pemilihan legislatif dan Presiden tahun 2019, salah satunya di Kelurahan Kepanjen Kecamatan Jombang.

Dari hasil pencermatan staf kelurahan dari jumlah pemilih 5000 lebih, ditemukan sebanyak 22 nama ganda dalam DPT. Kegandaan terjadi mulai dari nama dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sama dan terdaftar dalam satu TPS.

Selain itu ada juga nama yang terdaftar di 2 kelurahan berbeda dan nama berbeda yang memiliki nomor induk kependudukan yang sama.

Ali Rido, staf kelurahan mengatakan, atas temuan kegandaan ini, staf desa telah melaporkan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk dilanjutkan kepada KPU.

David Budianto, komisioner Bawaslu mengatakan, dari pencermatan ulang tehadap DPT pemilu yang telah ditetapkan KPU, “Bawaslu Kabupaten Jomban telah menemukan sebanyak 9.025 DPT ganda atau yang berpotensi ganda,” jelas David Bidianto.

Atas temuan ini, Bawaslu langsung menyampaikan ke KPU untuk dilakukan pembetulan, harapannya jika ada yang ganda bisa dicoret dan dibenarkan sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

Di Kabupaten Jombang tercatat DPT Pileg dan Pilpres 2019 sebesar 977.676 pemilih. (Saiful)

Tinggalkan Balasan