Banyak Masalah Pelaksanaan Tahapan Pilkada, KPU Tulungagung Panggil Timses

Tulungagung KPU Tulungagung selasa siang (02/4/2018) memanggil tim sukses calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, serta tim sukses calon Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung, pemanggilan terkait masih banyaknya persoalan, dalam pelaksanaan tahapan kampanye Cagub – Cawagub Jawa Timur, maupun Cabub-Cawabub Tulungagung.

KPU Tulungagung sendiri menemui, tim sukses di media center kantor KPU Tulungagung, hadir dalam pertemuan dengan KPU ini, tim sukses yang tampak hadir Marsono dan Elis, sebagai tim sukses pasangan Cabub-Cawabub Tulungagung Syahri Mulyo – Maryoto Birowo. Reno, sebagai tim sukses pasangan cabub-cawabub Margiono-Eko prisdianto. Ahamad Syafii, sebagai tim sukses Cagub – Cawagub Jawa Timur, Gus Ipul – Puti Guntur Sukarno. Suyono, sebagai tim sukses cagub-cawgub Jawa Timur, Kofifah Indarparawansa-Emil Dardak.

Dalam pertemuan ini, KPU Tulungagung menjelaskan sejumlah persoalan yang masih terjadi, saat pelaksanaan tahapan kampanye pilkada berlangsung. Di antaranya, pemasangan alat-alat peraga tambahan, bagi masing masing pasangan calon, jumlah dan titik pemasangan hingga saat ini, masih belum di laporkan oleh tim sukses kepada KPU.

Kedua titik lokasi posko pemenangan , hingga saat ini alamat lengkapnya belum di serahkan kepada KPU. Ketiga mobil branding pasangan Cabub-Cawabub hanya di batasi 10 buah. Ke empat alat peraga kampanye yang di pasang di tempat privat, hingga saat ini titik lokasi, maupun keterangan ijin pemilik lahan atau rumah yang di tempati, juga belum ada laporan. Kelima, bahan kampanye seperti poster dan liflet atau brosur, yang telah di kirimkan oleh KPU kepada tim sukses, saat ini masih snmpek di tingkat tim kampanye desa, belum sampai ke kk, dan baru terdistribusi 30 persen.

Komisioner KPU Tulungagung Fatah Masrun mengatakan, pertemuan ini sebagai sarana komunikasi, untuk memberikan pemahaman kepada para tim sukses, agar proses tahapan kampanye ini berjalan lancar, serta tidak sampai terjadi pelanggaran. ” dengan rapat kordinasi ini, saya berharap tim sukses, bisa memahami dan mengikuti aturan yang ada” kata Fatah Masrun.

Sementara itu para tim sukses, mengaku akan berupaya mengikuti aturan yang ada. Namun saat ini masih belum bisa maksimal melakukan tahapan kampanye karena, waktu kampanye masih cukup panjang. Sementara terkait belum tersalurnya bahan kampanye hingga ke kepala keluarga (KK), karena masih minimnya, pertemuan terbatas antara tim sukses dengan para pemilih. (Bondan)