Bakesbangpol Kabupaten Blitar Ajak Tiga Pilar Solid dan Bersinergi Sukseskan Pemilu 2019


Blitar – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) kabupaten Blitar menggelar sosialisasi pemilihan umum (Pemilu) 2019 di Kantor Bupati Blitar Jalan Raya Kanigoro, rabu (17/10/2018). Sosialisasi yang diadakan dari kemarin, selasa (16/10/2018) ini akan berakhir besok kamis (18/10/2018) yang mengambil tema sinergitas dan soliditas tiga pilar kunci mewujudkan kondisifitas daerah.

Sesuai pasal 34 UU No 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum bahwa pemerintah dan pemerintah daerah wajib memberikan fasilitasi segala penyelenggaraan pemilu. Sehingga pemilu tahun 2019 Bakesbangpol kabupaten Blitar bertugas penuh memfasilitasi semua kegiatan terkait dalam pemilu 2019 nanti.

Sekretaris Bakesbangpol Ir. Irianto, MM mengatakan tahapan proses sosialisasi ini tidak saja di tujukan kepada semua pemangku kepentingan termasuk kepada masyarakat pemilih perempuan maupun pemilih pemula tapi juga kepada seluruh yang terlibat di dalam pelaksanaan pemilu, misalkan tahapan awal 3 pilar, kepala desa, Babinsa dan Babinkamtipnas.

“Mereka ini adalah pemangku kepenintangan yang sangat menentukan pelaksanaan lancarnya pemilu 2019.” Katanya. Selain itu menurut Irianto proses lain yang perlu di laksanakan yakni sosialisasi terhadap pemilih perempuan maupun pemilih pemula.” Kita semangati lagi pemilih perempuan dan pemilih pemula agar mereka ambil bagian dalam berdemokrasi yang baik”. Tambahnya

Sementara itu, Ragil Agus Tri Harmanto devisi SDM dan parmas KPU Kabupaten Blitar menyampaikan, pihaknya sudah memberikan materi fase tahapan kampanye dan seluruh komponen mulai persiapan mulai tanggal 23 september sampai 13 april 2019 kepada peserta.

“Di kabupaten Blitar kita sudah melakukan beberapa persiapan-persiapan yang berkaitan dengan metode kampanye salah satunya kampanye yang berbasis APK.” Tuturnya.

Ia juga menjelaskan bahawa untuk pemilu 2019 nanti akan memiliki durasi waktu yang panjang untuk berkampanye yakni sekitar 7 bulan. Dalam kesempatan ini, peserta bisa memberikan pemahaman, menyampaikan visi misi kepada masyarakat.

Tidak hanya itu, KPU juga memiliki Fokus konsentrasi sosialisasi lain selain 3 pilar yang sudah di sampaikan diantaranya komunikasi sosialisasi berbasis keluarga, komunitas, komponen-komponen yang pedulli terhadap pemilu dan peduli terhadap bangsa terkait pelaksanaan pemilu di tahun 2019 nanti.

“Kami mengajak kepada seluruh masyarakat yang ada di kabupaten Blitar, KPU kabupaten Blitar punya program gerakan melindungi hak pilih.” Kata Agus Ragil. Lanjutnya Agus Ragil meminta Masyarakat yang belum terdaftar di daftar pemilih mohon segera konfirmasi di wilayah tempat tinggal masing-masing, jadi kami prinsipnya KPU melayani seluruh apa yang menjadi tata pelaksanaan pemilu di tahun 2019 .” Pintanya. (Ervin)

Tinggalkan Balasan