Bagikan 2.734 Sertifikat PTSL , Pesan Bupati Blitar Rini Syarifah Gunakan Dengan Baik Jangan Asal Dijadikan Agunan

Bupati Blitar Rini Syarifah Bagikan 2.734 Sertifikat PTSL Di Desa Bacem Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar,Rabu (9/6/2021)

Blitar,JTV Mataraman : Bupati Blitar Rini Syarifah membagikan 2.734 sertifikat  Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada masyarakat Desa Bacem Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar, Rabu (09/06/2021) siang.

Penyerahan sertifikat secara simbolis oleh Bupati Blitar dengan menerapkan protokol kesehatan  itu dilakukan di Balai Desa Bacem dengan   disaksikan oleh Sekretaris Daerah ( Sekda) Kabupaten Blitar  Izul Marom dan Muspika Kecamatan Ponggok serta di hadiri seluruh penerima program PTSL desa setempat.

Bupati Rini Syarifah mengaku bersyukur dengan pembagian sertifikat untuk masyarakat. Sertifikat tanah merupakan program pemerintah yang memudahkan masyarakat untuk memilik hak tanah yang sah.

“ Dengan memiliki sertifikat tanah masyarakat bisa lebih tenang, karena sertifikat merupakan bukti kepemilikan otentik yang dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional.” Ujarnya.

 Bupati menambahkan , sertifikat tanah harus dimanfa’atkan dengan sebaik-baiknya, jangan sampai di perjual belikan atau  Diagunkan ke bank  untuk keperluan yang tidak bermanf’aat.” Ucapnya.

Lanjut Bupati Rini Syarifah, kalau sebagai jaminan pijaman modal di bank ,tidak masalah asal untuk membuka atau mengembangkan usaha. “ Monggo silahkan dipakai agunan ke bank , kalau sudah dapat uang ya di pakai modal usaha jangan dipakai  membeli beras untuk makan atau memperbaiki rumah, khawatir ujungnya kesulitan mengembalikan.” imbuhnya

Ribuan Warga Desa Bacem Hadiri Penyerahan Calon Sertifakat PTSL Di Balai Desa Setempat.

Sementara itu Kepala BPN Kabupaten Blitar, Dadang M.Fuad  mengatakan program PTSL merupakan salah satu program strategis BPN yang dilaksanakan di seluruh Indonesia. Program ini  merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat.

Selain itu nantinya masyarakat dapat menjadikan sertifikat tersebut sebagai modal pendampingan usaha yang berdaya dan berhasil guna bagi peningkatan kesejahteraan hidupnya. “ Tahun 2021 ini target kami 69 ribu bidang, saat ini terealisasi lebih 50 persen. Harapan kami target tersebut terealisai semua.” Ucapnya.

Kepala Desa Bacem Slamet Winarko menyampaikan terima kasih kepada  Bupati Rini Syarifah yang telah berkenan hadir dan menyerahkan sertifikat kepada para pemohon. Begitu juga kepada BPN Kabupaten Blitar atas kepercayaanya desa bacem mendapatkan jatah sebanyak 2.745 bidang.

“ Kami berpesan kepada masyarakat  yang sudah menerima sertifikat agar digunakan dengan baik. Sebagai agunan pengajuan pinjaman modal ke bank  tidak masalah asalkan diperuntukan modal usaha. Tururnya.

Lanjut Slamet , banyak masyarakat yang punya ide usaha ,tapi tidak mempunyai modal padahal punya tanah, sehingga tak sedikit yang terjebak ke pinjaman rentenir hingga menyebabkan jatuh miskin.

“ Kami bersyukur program PTSL di Desa Bacem ini sukses, ini tidak lepas dari kerja sama dan kekompakan Aparat Desa, Panitia dan tentunya dukungan BPD dan masyarakat para pemohon sertifikat melalui program PTSL. “ pungkas Salamet Winarko.(As)

Tinggalkan Balasan