Anggaran Tinta Adminduk Tulungagung Capai Rp 460 Juta

Tulungagung, Jtvmataraman.com: Pada tahun anggaran 2021, kebutuhan belanja tinta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) mencapai ratusan juta rupiah. Tinta tersebut digunakan untuk pembuatan administrasi kependudukan (adminduk) masyarakat Tulungagung.

Berdasarkan data yang diimpun oleh Jtvmataraman.com dari laman lpse.tulungagung.co.id tecatat pada 27 Juli 2021 ada pembukaan tender belanja tinta dengan pagu sebesar Rp 607.246.500. Belanja tinta masuk dalam tahun anggaran 2021 APBD Tulungagung. Dari hasil tender belanja tinta yang dilakukan, dimenangkan oleh CV. Nirwana Jaya dengan harga terkoreksi Rp 460.139.405.

Kabag Pengadaan Barang dan Jasa, Pemkab Tulungagung, Fajar Widariyanto mengatakan, memang pada Juli 2021 lalu ada tender belanja tinta, dan sudah selesai. Pengajuan berasal dari Dispendukcapil Tulungagung.

“Sebelumnya memang ada pengajuan belanja tinta, tapi proses tendernya sudah selesai,” tuturnya.

Fajar menjelaskan, setiap pengadaan akan dilakukan pendampingan dari Kejaksaan Negeri dan Polres Tulungagung untuk melakukan pengkritisan terhadap usulan pengadaan. Setelah itu pokja akan memaparkan hasil, dan sebelum tanda tangan kontrak penyedia juga akan diundang untuk memaparkan rencana kerjanya.

“Jadi Kejaksaan dan Polres melakukan pengkritisan terhadap usulan sebelum dilakukan tender. Kalau pengajuan PAK dari Dispendukcapil masih belum ada” jelasnya.

Di tempat terpisah, Kepala Dispendukcapil Tulungagung, Nina Hartiani menambahkan, pengadaan tinta yang dilakukan pada Juli 2021 lalu dipergunakan untuk pencetakan adminduk. Dan tintanya berbeda dengan yang ada di pasaran.

“Hampir setiap hari kami mencetak adminduk, sekitar 100 lebih,” tambahnya.

Disinggung, apakah stok tinta masih tersedia, Nina mengungkapkan bahwa belum bisa memastikanya. Namun dalam PAK 2021 ini pihaknya juga akan mengajukan.

“PAK ada pengajuan. Kalau ketersediaan dan kebutuhan tinta kami masih belum bisa memastikan,” pungkasnya. (ham)