Wujudkan Pemilu Berintegritas, Kata Wakil Bupati Blitar,  Penting Pendidikan Politik Bagi Caleg 

Blitar – Wakil Bupati Blitar Marhaenis Urip Widodo,S.Sos membuka Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Calon Legislatif Kabupaten Blitar, di Pendopo Sasana Adi Praja, Kota Kanigoro, Selasa (5/3/2019).Selasa (5/3/2019).

Sosilisasi Politik Bagi Para Caleg peserta kontestasi Pemilu 2019 ini digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik ( Bakesbangpol) Kabupaten Blitar ini di hadiri 481 caleg peserta pemilu dan Forum Koordinasi Pimpinan daerah dengan nara sumber dari Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Blitar, dengan mengambil tema “‘Kita Wujudkan Pemilu 2019 dengan Aman, Bersih, Berintegritas dan Bermanfaat”.

Wakil Bupati Blitar Marhaenis U.W dalam sambutannya menyampaikan Pendidikan Politik merupakan proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak, kewajiban, dan tanggung jawab setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan demikian pendidikan politik memiliki tiga tujuan yakni membentuk kepribadian politik, kesadara politik, dan parsisipasi politik. Katanya.

Lebih lanjut ,marhaenis U.W. menambahkan “.Sosialisasi ini sangat penting, merupakan upaya Pemkab Blitar dalam mensukseskan pelaksanaan pemilu secara langsung, aman serta berkualitas dan harus jujur serta adil karena pemilu merupakan salah satu pilar demokrasi.” Tegas Marhaenis U.W, Selasa (5/3/2019).

Sementara itu, Dicky Cobandono.S.Sos,M.Si Kepala bakesbangpol Kabupaten Blitar mengatakan bahwa tujuan pendidikan politik yaitu meningkatkan kesadaran dan pemahaman kepada masyarakat, khususnya calon legislatife terhadap hak dan kewajiban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Ini untuk memberikan pemahaman, menyatukan persepsi bagi para calon anggota legislatif (caleg) DPRD Kabupaten Blitar , untuk memahami berbagai aturan dalam pemilu Pemilu 2019 menggunakan dasar hukum yang berbeda dibanding pemilu-pemilu sebelumnya. Dengan demikian digarapkan menghasilkan pemilu yang bersih,jujur dan adil ,berkualitas serta berintegriras.” Ungkap Dicky Cobandono. S.Sos,M.Si (M.Asrofi)

Tinggalkan Balasan