Wow… Pemkab Tulungagung Anggarkan 49 Miliar Untuk THR ASN dan Anggota Dewan

Tulungagung –Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung anggarkan sekitar 49 miliar rupiah untuk memberikan tunjangan hari raya (THR) atau gaji ke 14 kepada sekitar 11.038 ASN dan anggota DPRD di lingkup Pemkab Tulungagung.

Jumlah itu lebih rendah dibandingkan pagu yang dianggarkan oleh Pemkab Tulungagung, sebesar 52 miliar rupiah.

“Untuk tahun ini sekitar 49 miliar yang dianggarkan untuk memberikan THR bagi 11.038 ASN dan anggota DPRD,” ujar kepala Badan Pengelolaan Keungan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Tulungagung Hendry Setyawan.

BPKAD telah mengirimkan surat pada masing-masing OPD agar segera mengajukan besaran THR, sesuai dengan jumlah ASN yang ada di lingkup kerjanya masing-masing.

Pengajuan paling lambat harus diterima oleh BPKAD pada 4 Juni mendatang atau sehari sebelum pencairan gaji ke14.

“Tanggal 4 Juni sudah harus diterima untuk dicairkan pada 5 Juni mendatang,” Jelas Hendrik.

Untuk besaran gaji ke 14 yang diterima ASN sebesar 1 kali gaji beserta unsur yang melekat pada gaji yang diterima setiap bulanya. Yang membedakan, pada gaji ke 14 ini, akan diterim oleh ASN tanpa ada potongan Taspen atau tanggunan koperasi.

“1 kali gaji tanpa potongan taspen maupun koperasi, namun potongan pajak tetap,” tambahnya.

Landasan pemberian THR bagi ASN dan anggota DPRD tertuang dalam PP No. 20 Tahun 2016 dan PMK nomer 54.

Hendry Setyawan juga menyebut tidak hanya gaji ke-14, para PNS dan anggota DPRD akan pula menerima gaji ke-13. Namun pemberiannya tidak dilakukan bersamaan dengan pemberian gaji ke-14.

“Gaji ke-13 baru akan diberikan sesudah lebaran. Yang diberikan pada bulan Juni sekarang hanya gaji ke-14 saja. Jadi tidak berbarengan,” paparnya.

Untuk gaji ke 13, akan diterimakan pada akhir Juni, dimana gaji ini dipergunakan untuk kepentingan pendaftaran sekolah anak-anak ASN. Besaranya sama dengan gaji ke 14.

Sementara itu Sekretaris DPRD Kabupaten Tulungagung, Budi Fatahilah mengaku sampai saat ini masih belum melakukan perhitungan THR bagi anggota DPRD untuk diajukan kepada Pemerintah Kabupaten Tulungagung.

“Masih belum tahu, kita baru saja terima suratnya dan ini masih kita hitung besaranya,” ujarnya.

Meski demikian, untuk tahun kedua penerimaan THR bagi anggota DPRD, Budi Fatahilah memperkirakan setiap anggota dewan akan menerima sekitar 4 hingga 5 juta per orang sesuai dengan jabatanya di DPRD.

“Anggota sekitar 4 jutaan, sedang unsur pimpinan dewan menerima sekitar 5 jutaan,” tandas Budi Fatahilah.