Wayang Raksasa Berlapis Emas Karya Warga Ponorogo Bernilai Ratusan Juta Rupiah

Ponorogo – Seniman dan pengrajin wayang kulit di Ponorogo, membuat wayang kulit bernilai ratusan juta. Selain berukuran besar juga berlapiskan emas.

Dirumahnya di Jalan Rumpuk, Kelurahan Kertosari, Kecamatan Kota, Ponorogo, inilah Isyanto, membuat kerajinan wayang kulit yang dilakoninya bertahun-tahun. Bahkan hasil karyanya diminati kolektor, serta pecinta seni karena kuwalitasnya. Selain itu wayang hasil buatan isyanto juga sebagian besar dilapisi emas.

Pesanan wayang yang diterima Isyanto kebanyakan adalah wayang hanya untuk Hiasan, tidak untuk dipakai dalang dalam sebuah pertunujukan wayang kulit. Bahkan saat ini Isyanto juga membuat wayang kulit dengan ukuran yang sangat besar, yaitu panjang 2,5 meter dan lebar 1,5 meter.

Wayang kulit pesanan mantan kepala basarnas ini dibandrol dengan harga seratus juta. Tidak hanya berukuran besar, namun wayang yang dibuat selama kurang lebih enam bulan ini juga berlapiskan emas.

Bagi Isyanto membuat wayang kulit, harus benar-benar mengutamakan kwalitas, baik dari bahan dasar kulitnya maupun pengerjaannya.

“Hal ini yang membuat wayang buatan saya diminati banyak orang, meski dengan harga fantastis,” kata Isyanto.

Isyanto selain membuat kerajian wayang kulit berukuran besar, ia juga membuat yang berukuran kecil, bahkan yang sering dipaki untuk sebuah pagelaran wayang kulit.

Bagi Isyanto membuat wayang kulit, tidak sekedar untuk diperjual belikan, namun juga bentuk dari pelestarian kesenian tradisional agar tidak hilang ditelan zaman. (Heru)

Tinggalkan Balasan