Warga Tuliskriyo Temukan Geranat Aktif di Kali Brantas

Blitar – Warga Dusun Sukowinangun, Desa Tuliskriyo, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar dikejutkan dengan temuan sebuah Granat Nanas. Peledak tersebut ditemukan di sebuah galian pasir di bantahan Kali Brantas.

Granat tersebut pertama kali ditemukan oleh Kastubi (55) warga setempat. Dari keterangannya kepada Polisi, awalnya ia mencangkul pasir dan melihat seperti sebuah benda menyerupai granat. Setelah itu, temuannya kemudian dilaporkan ke Polisi.

Petugas yang mengetahui hal ini kemudian datang ke TKP. Hasilnya, sebuah granat nenas berdiameter 6 cm ditemukan.

“Saat kami tiba di lokasi, ternyata benar ditemukan granat nanas berdiameter 6 sentimeter. Selanjutnya kami dan personil mengamankan granat tersebut,” kata Kapolsek Sanankulon AKP Mulyani, Senin (02/06/2018).

Lanjut dia, granat yang ditemukan hanya berjumlah satu buah. Ia belum mengetahui secara pasti adakah granat lain yang ditemukan di sekitar lokasi. Menurutnya, granat nenas tersebut merupakan peninggalan perang kemerdekaan.

Saat ini, granat yang sudah diselimuti karat tersebut diamankan di Ruang Identifikasi Satreskrim Polres Blitar Kota. Diduga, granat tersebut masih aktif.

“Kita akan periksakan lebih lanjut mengingat ini adalah bahan peledak,” pungkasnya. (Gilang)

Tinggalkan Balasan