Warga Jombang Berebut Gunungan Manggis Sebeanyak 2019 Kg.

Jombang – Merayakan bersih desa, ratusan warga di Desa Jarak Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang, minggu siang (24/03/2019) berdesakan berebut anak gunungan manggis yang disediakan panitia.

Gunungan langsung ludes jadi sasaran rebutan warga dalam acara kenduri manggis. Panitia hanya bisa pasrah dan membiarkan warga saling berebut. 

Sebelumya warga mengarak gunugan manggis keliling rumah warga sebelum dikumpulkan di lapangan. Warga dari masing-masing Dusun Desa Jarak ini menyumbangkan manggis hasil buminya untuk kegiatan tersebut.

“Saat gunugan manggis tiba, ribuan warga sudah menunggu di lapangan dan menyambutnya tanpa lama langsung berebut.” Jelas Agus Darminto Kades jarak.

Panitia dari desa menyiapkan manggis sebanyak 2019 kilogram. Manggis ini disediakan dari hasil bumi warga yang mayoritas menjadi petani manggis.

Diharapkan kegiatan ini bisa mendorong warga untuk terus mengembangkan tanaman buah yang sudah menjadi icon desa di lereng gunung anjarmoro tersebut,” tambahnya.

Untuk menghindari insiden, panitia membuat barikade agar warga  tidak masuk ke area gunungan manggis. Panitia membagi manggis dengan cara di sebar ke arah kerumunan masa yang sudah berkumpul.

Meskipun harus berebut dan saling dorong warga tampak antusias mengikuti kegiatan rutin yang digelar setiap tahun di tengah musim panen raya manggis. (Saiful)

Tinggalkan Balasan